Varian Mukena Enam Negara

Saturday, 04 Aug 2012 - 23.32 WIB
IMG 20120804 00929

Salah satu varian yang dipamerkan dalam acara Fashion Show - Foto: Made/CentroOne

Surabaya – Bosan dengan mukenah yang itu-itu saja? Mungkin anda bisa mencoba mengambil inspirasi dari 6 varian mukenah yang dikenalkan Amaly Fashion. Beberapa waktu yang lalu, rumah mode ini menggelar fahion show yang memperkenalkan beberapa varian mukena modern di Surabaya.

Dalam fashion show yang digelar, Sabtu (4/8) di City of Tommorow, Surabaya, Amaly Fashion, menyugguhkan koleksi mukena 6 negara miliknya. Diantaranya dari Dubai, Syria, Arab Saudi, India, Jepang dan Indonesia.

Menurut, Rosy Anwar, Owner Amaly Fashion mengatakan, mukena yang dimilikinya merupakan mukena dalam kategori mukena trendi, syar'i dan fashionable. Itu, dikarenakan desainnya yang modern, sesuai dengan aturan hukum islam dan membuat pemakainya akan lebih cantik dan terlihat indah. "Mukena memang peralatan ibadah bagi Muslimah diseluruh Indonesia untuk menjalankan shalat. Namun, mukena juga harus trendy agar wanita terlihat cantik dan Indah," katanya.

Mukena dari berbagai negara ini mempunyai ciri-ciri khusus yang memang berbeda dalam beberapa hal. Seperti mukena Indonesia, yang penuh dengan asesoris, kaya aplikasi, warna beragam desain yang trendi dengan berbagai kegunaan.

Berbeda halnya dengan mukena Syriah yang termasuk mukena sederhana, berbahan kain katun dihiasi sedikit bordir halus dan payet jepang. Sedangkan mukena Arab Saudi sudah sedikit modern karena telah berbahan kaos dingin, lentur dan tetap dihiasi bordir halus dan payet jepang.

Rosy menjelaskan berbedanya bentuk dan hiasan mukena atar negara tersebut dikarenakan pengaruh budaya dan budaya yang kemudian membentuk mukena berbeda-beda.

Sementara untuk mukena India, Lanjut Rosy, berbahan kain sari India dipadu dengan bordir. Untuk mukena Jepang, sangat mudah untuk mengenalinya karena berbahan kain katun seperti baju Kimono dan menutup seluruh tubuh kecuali wajah.

Kemudian, untuk kain Dubai sangat berbeda karena berbahan kaos dengan aplikasi renda Perancis, dihiasi payet Jepang manik-manik dan biasanya selalu dengan desain rempel bawah. "Keadaan geografis dan budaya, jadi bentuknya ada yang menutupi seluruh wajah seperti kain selimut, ada juga yang dihiasi bordir dibagian wajah dan ada juga yang penuh aksesoris dan desain fashionable," ujarnya.

Mukena 6 negara ini diperagakan oleh 6 model cantik dari Surabaya, dan terlihat respon para pengunjung yang hadir, terlihat banyak pengunjung yang langsung membeli mukena untuk Shalat dan terlihat cantik dan indah.

 

Oleh : Made Ardhiangga – Editor : Adi Cahyo

 

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/index.php/female/2012/08/1a/varian-mukena-enam-negara/