Sabtu, 01 Nov 2014 - 07.59 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Mereka yang Akhirnya Memilih Berhijab

Minggu, 05 Agu 2012 - 16.27 WIB

artis berjilbab tobat editt

centroOne/Yona Binar, Fahrul Anwar, Istimewa

Perubahan memang perlu dalam diri setiap manusia di sepanjang mereka berproses dalam hidup ini. Tentunya, perubahan menjadi lebih baik yang mereka butuhkan. Seperti pengalaman religi para public figur kita ini. Di Ramadan yang indah ini, mereka mencoba untuk berbagi pengalaman tentang pilihan hidup mereka yang akhirnya memutuskan untuk berhijab. Dengan jilbab, kini mereka menyatakan menjadi lebih baik. Siapakah saja mereka? Yuk, kita simak curahan hatinya:

1. Risty Tagor: Dari Syuting


Risty Tagor, artis cantik kita ini baru saja memutuskan untuk berjilbab - setelah memiliki buah hati dari pernikahannya dengan Rifky Balwel. Ya, sekitar dua bulan lalu, Risty mengaku mengambil keputusan untuk berhijab. Namun, bukan karena ia sudah memiliki buah hati atau menikah, yang membuat ia kini memilih tampil berhijab.

"Aku merasa banyak sesuatu yang berbeda dalam kehidupan aku setelah aku memutuskan untuk berhijab," ujar Risty di Blacksteer Auto Lounge The Bellezza Permata Hijau, Jakarta.

Menurut Risty, ia memutuskan untuk berjilbab - awalnya karena tuntutan sinetron dan peran, tapi akhirnya menjadi terbiasa.

"Awalnya, karena peran aku di sinetron yang ditayangkan pada Ramadan ini. Judulnya 'Dalam Mihrab Cinta'. Disitu aku diharuskan untuk memakai jilbab, dan merasa risih saja sebelum syuting dan sesudah syuting lepas jilbab lagi, makanya aku putuskan untuk seterusnya pakai jilbab," ungkap Risty.

Lagian, lanjut Risty, ia melihat sudah banyak fashion tentang busana kerudung, memakai kerudung pun sudah bagus-bagus, dan modern. Walaupun mengaku karena faktor syuting ia memakai kerudung, selanjutnya ia tidak akan membuka kerudungnya pada suatu saat nanti bila ada tawaran syuting yang mengharuskannya untuk membuka jilbab.

"Jika ditawari film atau sinetron berikutnya yang mengharuskan aku membuka kerudung, aku tidak akan membukanya lagi, insyaAllah," imbuh Risty.

Bagi Risty, ia memang sudah lama berniat untuk memakai kerudung, tapi baru kesampaian sekarang ini. Dulu, kata Risty, sudah ada keinginan untuk memakai jilbab, tapi dulu ia masih takut untuk peran-perannya di sinetron maupun film, takut tak dapat rejeki lagi, dan dulu ia berpikir memakai kerudung itu seperti ibu-ibu, karena model jilbab dulu dianggapnya jelek dan kelihatan kuno. Sedangkan sekarang, sudah modern dan lucu-lucu, jadi ia pun tak masalah.

"Aku merasa sekarang ini banyak rejeki yang diberikan kepadaku sejak aku memutuskan memakai jilbab," ucap Risty.

Risty mengungkapkan, dengan mengenakan jilbab seakan menjadi pengingatnya dalam amarah.

"Ya, yang tadinya aku suka marah-marah dan bawel, sekarang dengan jilbab menjadi alarm aku menjadi sabar dan menahan amarah," tutur Risty.

Dengan memutuskan untuk berjilbab, Risty mengaku banyak ujian yang ia lalui.

"Dengan berjilbab itu ternyata lebih banyak cobaan dan aku lebih diuji sabarnya," tandas Risty.

2. Cici Tegal: Takut Api Neraka

Banyak kini para artis yang mulai berhijab - salah seorangnya pelawak berlogat Tegal, Cici Tegal. Ia sudah memutuskan untuk berhijab sejak tahun 2004 lalu.

"Aku mulai berhijab pada tahun 2004," tandas Cici di Senayan City, Jakarta.

Cici mengaku, memutuskan untuk berhijab, karena dibacakan ayatnya, yang isinya menceritakan kalau seorang wanita tidak berhijab nanti di akherat akan ditarik rambut dan digantung.

"Ketika dibacakan ayatnya sama Ustadz aku tentang seorang wanita itu harus mengenakan jilbab, sebenarnya aku berhijab sejak duduk di bangku SMA - saat diajak ngaji sama pacar. Dibacakan juga ayatnya, jadi takut. Tapi, saat putus sama pacar, jilbab juga buka," papar Cici sambil tertawa.

Menurut Cici, ia memutuskan mengenakan jilbab ketika gempa bumi dan tsunami di Aceh. Pas gempa Aceh tersebut, ia dikirim kesana, masih banyak mayat yang bergeletakan, ia pun jadi takut mati. Apalagi, kata Cici, mengingat kalau ibadahnya itu masih jelek, sehingga takut dihukum di neraka.

Sejak dirinya memutuskan mengenakan jilbab, kini Cici mengaku lebih tenang, rejeki yang tak diduga pun berdatangan.

"Sejak aku memutuskan mengenakan jilbab, bukannya sepi tawaran, tapi malah rejeki banyak datang, seperti main sinetron serius. Padahal aku komedian, susah nangis. Jadi model iklan jilbab - padahal saya tak cantik, tidak tinggi, dan nggak langsing. Diundang sharing di masjid-masjid - padahal dulu boro-boro masuk masjid. Banyak yang ngajak jadi Caleg/Bupati, karena dianggap agamanya bagus dan jujur," papar Cici panjang lebar.

3. Eddies Adelia: Tak Ikut-ikutan Tren

Wanita satu ini juga berubah total. Mulai dari balutan, gamis serta jilbab dengan cara berhijab - sengaja dilakukan artis cantik pemeran utama 'Pocong Si Mumun' ini. Ia sengaja berhijab untuk menutupi aurat di setiap bagian tubuhnya. Ia mengaku, perubahan gaya busana ini tak hanya ikut-ikutan sebagai tren.

"Alhamdulillah, aku sudah terpikir untuk merubah gaya busanaku dari yang lama. Apa yang aku lakukan ini juga tak ingin ikut-ikutan sebagai tren. Tapi, lebih sebagai kewajibanku sebagai muslim. Bersyukur aku telah merasakan hidayah dari Allah SWT," tutur Eddies saat dihubungi melalui ponsel.

Meski pertama kali busana Islami tidak terasa nyaman baginya, lama-kelamaan ia pun jadi terbiasa. Menurut Eddies, ia lebih enjoy dalam menjalankan dan memakanai hidupnya selama 2,5 tahun belakangan ini - setidaknya sejak memutuskan untuk berhijab.

"Awalnya agak terasa gerah, tapi karena sering, nggak lagi, tuh. Sebab, sudah terbiasa. Berhijab persisnya April 2010. Disitu, aku merasakan akhirnya ada yang mendorong hati tergerak untuk mengenakan jilbab," jelas Eddies.

Selain berkeinginan untuk merubah hati dan perilaku hidup, berhijab yang dilakukannya, karena ia ingin perbaikan diri sesuai syariat Islam. Untuk itulah, hidayah yang mungkin jarang ditemukan dalam setiap diri manusia lain, dimanfaatkan Eddies melakukan perubahan ke arah yang baik.

"Pasti bagi seorang muslim perempuan wajib menggunakan bilbab. Kalau dijalankan, kita akan mendapatkan pahala. Tapi, kalau ditinggalkan, akan mendapat dosa. Sama halnya seperti sholat lima waktu," ucap Eddies.

Sebagai seorang muslim untuk menghindari sifat mubazir, busana lama yang dikenakannya sebelum berhijab - sebagian disisihkan untuk orang lain. Eddies pun berinisiatif, busana lamanya coba di-mix dengan busana muslimnya sekarang.

"Semua pakaian lamaku nggak aku kasih ke orang. Sebab, sebagian lagi masih bisa ada yang aku gunakan, tapi disitu aku modifikasi, agar terlihat menjadi busana muslim. Intinya bukan dari berbusana saja berhijab itu, busana itu bagian dari salah satu yang vital untuk menutupi aurat dalam berhijab. Sebab, yang penting itu adalah hati dan aku bersyukur telah merasakan hidayah yang datang itu sama aku," tutup Eddies.

Oleh: Yona Binar, Fahrul Anwar - Editor: Ary Nugraheni

Komentar

Maurer

06 Aug 2012 - 12:53 (2 years ago)

ayu nee

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING