'Art and Graphic' Pertahankan Seni Setua Peradaban Manusia

Thursday, 14 Jun 2012 - 10:00 s/d Saturday, 30 Jun 2012 - 22:00
faber castell editt

centroOne/Istimewa

Yogyakarta - Faber-Castell berupaya memasyarakatkan seni lukis pada semua kalangan, tidak hanya untuk pecinta seni, sehingga generasi muda dan masyarakat umum dapat menikmatinya.

"Upaya tersebut didorong oleh keinginan kami untuk mempertahankan seni yang telah berusia setua peradaban manusia itu," kata Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim, Kamis (14/6), di Yogyakarta.

Menurut Yandramin, dalam pembukaan pameran lukisan bertajuk 'Art and Graphic', seni lukis sebagai salah satu ekspresi pikiran dan jiwa tertua dalam peradaban manusia masih kaya makna.

"Seni lukis akan kehilangan sebagian besar manfaat dan sentuhan emosinya jika goresan pensil dan kuas oleh tangan digantikan sentuhan ujung jari di layar komputer," ujar Yandramin.

Ia mengatakan, upaya memasyarakatkan seni lukis itu merupakan bentuk kepedulian terhadap perkembangan dunia seni rupa di Indonesia pada umumnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada khususnya.

"DIY merupakan salah satu sumber kemunculan pelukis-pelukis berbakat yang dapat membawa nama harum bangsa ini hingga ke kancah internasional," urai Yandramin.

Untuk itu, Faber-Castell mencoba menjadi salah satu saluran dari luapan bakat yang luar biasa dari para perupa agar dapat terus mewujudkan ide-ide kreatif mereka dan memperkenalkan kepada masyarakat melalui pameran 'Art and Graphic'. Pameran tersebut, digagas untuk menjadi komunikasi nonverbal antara dunia seni dan masyarakat, bahkan akan diperkenalkan lebih dekat ke dunia anak-anak sekolah.

"Dengan demikian, anak-anak yang telah memiliki talenta seni akan terus memupuk dan mengasah kemampuannya untuk mewujudkan mimpinya menjadi perupa yang hebat," tutur Yandramin.

Pameran itu menampilkan 12 lukisan karya tujuh pelukis, yaitu Asnar Zacky, AC Andre Tanama, A Hari Santosa, Robi Fathoni, Indiria Maharsi, Yunazzil Muhlish, dan Muhammad Fadhil Abdi. Pameran yang akan berlangsung hingga 30 Juni 2012 tersebut juga merupakan bagian dari pembukaan Kantor Cabang Yogyakarta PT Faber-Castell International Indonesia.

Oleh: Ary Nugraheni - Sumber: ANT

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/event/2012/06/1ar/art-and-graphic-pertahankan-seni-setua-peradaban-manusia/