Minggu, 31 Agu 2014 - 07.28 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Keunikan Lukisan Klasik Bali Masa Silam

Jumat, 11 Mei 2012 - 13:00 s/d Jumat, 11 Mei 2012 - 16:00

lukisan klasik bali editt

centroOne/Istimewa

Denpasar - Bali memang selalu menarik. Tak hanya pemandangan, pantai, dan segala nuansanya, lukisan klasik Bali masa silam hasil kreativitas seniman Pulau Dewata lebih dari 300 tahun silam yang menjadi koleksi museum di mancanegara pun memiliki keunikan.

"Lukisan yang umumnya lengkap dan berceritra itu berbeda dengan lukisan klasik Pita Maha atau yang dikenal dengan gaya Ubud, Pengosekan maupun gaya Kamasan Klungkung," kata pendiri dan pengelola Museum Seni Lukis Klasik Bali di Klungkung, Drs I Nyoman Gunarsa, Jumat (11/5), di Bali.

Ia mengatakan, melihat keunikan dan kekhasan gaya lukisan klasik Bali masa silam itulah memunculkan gagasan menggelar internasional Festival Bali Bangun yang merangkul 7 museum di mancanegara.

Ke-7 museum itu memiliki koleksi seni lukis klasik Bali masa silam. Dengan kerja keras lebih dari setahun yang mendapat dukungan dari semua pihak serta kemajuan iptek persiapan pameran mendekati rampung.

Puluhan lukisan yang akan ditampilkan dalam pameran bertaraf internasional itu mulai datang dari Australia, Amerika Serikat, Italia, Prancis, Swis, Belanda, dan tuan rumah Indonesia. Museum Indonesia yang ikut ambil bagian dalam pameran itu antara lain museum Neka, Arma, Puri Lukisan Ratna Warta Ubud, ketiganya berlokasi di perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, Museum Fasifik, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Museum Bali Kota Denpasar, dan tuan rumah museum Gunarsa.

Gunarsa menjelaskan, lewat pameran yang berlangsung selama sebulan, 15 Juli hingga pertengahan Agustus 2012, mampu memberikan inspirasi dan informasi kepada seniman-seniman Bali dalam menghasilkan karya yang bermutu, sehingga karya seni yang dihasilkan seniman Bali kembali bisa bersaing di tingkat internasional, bukan lagi hanya memenuhi pasar seni Sukawati, Gianyar.

Oleh: Ary Nugraheni - Sumber: ANT

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING