Cegah Ancaman Zoom Bombing, Perhatikan Langkah-Langkah Ini

Jumat, 03 Apr 2020 | 20.00 WIB

Cegah Ancaman Zoom Bombing, Perhatikan Langkah-Langkah Ini

ilustrasi (Zoom)



Centroone.com -  Zoom belakangan jadi salah satu platform populer untuk tele konferensi online. Meski memudahkan, pengguna Zoom tetap harus waspada. Ada gangguan bernama Zoom Bombing yang bisa sangat mengganggu. 

Zoom Bombing merupakan serangan berupa gangguan dari luar yang membajak video konferensi dengan mengirim gambar-gambar porno atau ujaran kebencian disertai ancaman, sehingga menghentikan segala interaksi sosial online yang sedang dilakukan. 

Pencegahan merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah Zoom Bombing, sebelum hal ini menimpa, IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh punya  beberapa tips untuk membantu mengamankan jaringan dari serangan serupa. 

Zoom sendiri memiliki hidden tool untuk mencegah pengeboman Zoom yang disebut sebagai “Waiting Room” atau ruang tunggu yang memungkinkan mencegah tamu yang tidak diundang mengambil alih.

Berikut langkah-langkah bagaimana cara untuk mengaktifkan Waiting Room:

1. Buka account management > pengaturan akun, dan gulir ke bawah ke opsi “Waiting Room” lalu aktifkan.

2. Setelah pengaturan diaktifkan, pilih siapa saja yang bisa menghadiri, "All participants" misalnya, menempatkan semua orang di ruang tunggu secara default, dan "guest participants only" menambahkan orang-orang di berbagai akun Zoom atau yang tidak masuk ke ruang tunggu. Anda juga dapat mengizinkan peserta lain untuk menerima orang dari Waiting Room.

3. Setelah diaktifkan, Waiting Room juga dapat diatur untuk pertemuan tertentu. Untuk melakukan ini, jadwalkan pertemuan terlebih dahulu di opsi Schedule Meeting.

4. Untuk melihat pertemuan berikutnya tinggak klik Upcoming Meeting.

5. Di sana, periksa untuk mengaktifkan Waiting Room untuk pertemuan khusus/tertentu.

6. Anda juga dapat mengaktifkan Waiting Room untuk semua rapat dengan ID rapat pribadi Anda. Dapat dilakukan dengan cara, dari opsi Meeting kemudian pilih opsi Personal Meeting Room.

7. Klik Edit this Meeting

8. Pastikan mengaktifkan Waiting Room dengan dicentang, lalu tekan save/simpan.

9. Host dapat kendalikan waiting Room dengan memilih manage participants 

10. Sementara opsi “More” akan memberikan beberapa opsi, termasuk memasukkan seseorang ke Waiting Room.

11. Setelah pertemuan dimulai, calon peserta rapat dapat diterima dari daftar tunggu di bawah "manage participants" atau kelola peserta.

12. Atau, seluruh yang ada di Waiting Room dapat diterima sekaligus.

13. Dengan mengklik “More” pada “Video Participants” mereka dapat dikirim ke Waiting Room selama panggilan. by