Perangi Covid-19, Pemerintah Tetapkan PSBB

Selasa, 31 Mar 2020 | 19.00 WIB

Perangi Covid-19, Pemerintah Tetapkan PSBB

Presiden Joko Widodo (setnegcoid)


Centroone.com - Pemerintah mengambil langkah baru dalam penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19. Selasa, (31/03/2020), Pemerintah telah menetapkan  opsi pembatasan sosial dengan skala besar. 

Pemerintah juga telah menerbitkan peraturan pemerintah (PP) tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Keppres penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut. 

 "Untuk mengatasi dampak wabah virus corona (Covid-19), pemerintah memilih opsi pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," tukas Presiden Joko Widodo. 

Presiden menegaskan sesuai Undang-Undang PSBB ini ditetapkan oleh Menteri Kesehatan yang berkoordinasi dengan Kepala Gugus Tugas COVID-19 dan kepala daerah. Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Dengan kehadiran PP ini, Presiden Joko Widodo berharap setiap kepala daerah  tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi dan semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koordinator undang-undang, dan PP serta Keppres tersebut.

" Polri juga dapat mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang terukur dan sesuai dengan undang-undang agar PSBB dapat berlaku secara efektif dan mencapai tujuan mencegah meluaskan wabah. " tambah Presiden lagi. bbs