Work From Home? Perhatikan 7 Hal Ini

Senin, 30 Mar 2020 | 16.00 WIB

Work From Home? Perhatikan 7 Hal Ini

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Mengurangi penyebaran covid-19 di Indonesia, Pemerintah meminta masyarakat untuk menerapkan social distancing sebagai salah satu cara pencegahan, menghindari tempat keramaian, meliburkan sekolah, universitas untuk sementara hingga beberapa waktu. 

Di sisi lain banyak perusahaan dilema dalam menerapkan sistem kerja Work From Home mengingat roda bisnis yang harus terus berputar. “Bekerja dari rumah memang belum menjadi budaya yang umum di Indonesia, wajar jika perusahaan merasakan kekhawatiran terutama yang datang dari ancaman siber. "  ujar IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh. 

Lantas bagaimana dengan perusahaan yang lebih kecil, seperti di Indonesia yang tentunya banyak memiliki perusahaan kecil dan menengah. Situasi mereka sepertinya akan sangat berbeda, agar produktif, ada persyaratan umum yang dibutuhkan semua pekerja WFH. Untuk dapat bekerja dengan lancar dibutuhkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Komputer

2. Koneksi internet yang bagus

3. Aplikasi obrolan dan konferensi

4. Ruang kerja khusus (lebih disukai)

5. Telepon (optional)

6. Motivasi diri dan disiplin

7. Rutinitas yang ketat

Yang penting, perusahaan harus mempersiapkan diri dan karyawan mereka untuk meminimalisir risiko keamanan siber yang terkait dengan pekerjaan jarak jauh. by