7 Tips WFH Aman Tanpa Risau Data Kebobolan

Senin, 30 Mar 2020 | 20.00 WIB

7 Tips WFH Aman Tanpa Risau Data Kebobolan

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) jadi salah satu pilihan untuk mencegah penyebaran covid-19.  Namun dengan WFH - belum jadi rutinitas di Indonesia, ada sejumlah tantangan muncul.   Salah satunya, tentang keamanan jaringan rumah staf. 

Karyawan akan menempatkan data dan perangkat perusahaan pada risiko yang lebih besar karena mereka meninggalkan lingkungan kerja yang biasanya sudah terjamin keamanannya. 

Kewaspadaan harus terus dibangun apalagi dengan adanya celah keamanan yang secara terus menerus terbuka pada perangkat Internet of Things (IoT) yang rentan, dan ini adalah waktu yang tepat bagi karyawan untuk mengambil tindakan pengamanan dengan kata sandi yang kuat dan memperbarui firmware/perangkat lunak mereka ke versi terbaru. 

Jadi sebelum memulai bekerja dari rumah, berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan untu perangkat di rumah. 

1.  Minta karyawan untuk mengaudit kerentanan lingkungan rumah mereka sendiri sebelum menghubungkan perangkat kerja.  

2. Full disk encryption memastikan bahwa bila perangkat jatuh ke tangan yang salah, data perusahaan tidak dapat diakses.  

3. Logout saat tidak digunakan, baik di rumah maupun di tempat umum. Anak yang ingin tahu secara tidak sengaja mengirim email ke bos atau pelanggan dengan mudah dicegah, tindakan ini membatasi kesempatan bagi seseorang untuk mengakses mesin saat berada di tempat umum.

4. Kebijakan kata sandi yang kuat, menerapkan kata sandi saat boot, mengatur batas waktu tidak aktif, dan melarang catatan tempel (sticky note) dengan kata sandi tertulis di sana.

5. Jangan pernah meninggalkan perangkat tanpa pengawasan. Jika ada di dalam mobil, maka pastikan meletakannya di tempat aman yang jauh dari pandangan atau tidak terlihat.

6. Update firmware router, CCTV, Wifi atau NAS yang ada di rumah.

7. Update sistem operasi dan applikasi yang ada di komputer lain di rumah yang tergabung dalam jaringan yang sama, serta gunakanan aplikasi security untuk semua komputer anggota rumah.  

" Kehadiran teknologi dapat menghilangkan semua kerisauan, teknologi dapat membantu perusahaan menjalankan bisnis meskipun karyawan harus bekerja di rumah. Penggunaan aplikasi chat, tele konferensi, VPN dan teknologi keamanan siber berlapis dan komprehensif menjamin perusahaan beraktivitas lancar seperti biasa.” tukas IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh.  by