Lawan Covid-19, Presiden Ingatkan Pentingnya Physical Distancing

Selasa, 24 Mar 2020 | 17.00 WIB

Lawan Covid-19, Presiden Ingatkan Pentingnya Physical Distancing

Presiden Joko Widodo (Setnegcoid)


Centroone.com - Pemerintah tidak memilih langkah lockdown untuk menekan penyebaran wabah covid-19.  Kebijakan lockdown atau karantina wilayah dinilai kurang sesuai diterapkan di Indonesia. 

"Kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan? Perlu saya sampaikan bahwa setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda, budaya yang berbeda-beda, dan kedisiplinan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kita tidak memilih jalan itu dan itu sudah saya pelajari," kata Presiden Joko Widodo, Selasa, (24/03/2020) seperti dilansir dari situs Kementrian Sektretariat Negara. 

Menurut Presiden - berdasarkan hasil analisis yang ada, physical distancing atau menjaga jarak aman antara satu orang dengan orang lainnya, diikuti dengan karantina maupun isolasi mandiri, merupakan cara yang paling pas untuk diterapkan di negara Indonesia selama penanganan Covid-19 berlangsung. 

"Di negara kita memang yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman. Itu yang paling penting. Kalau itu bisa kita lakukan saya yakin bahwa kita akan bisa mencegah penyebaran Covid-19 ini," imbuh Presiden.

Meski demikian, segala kebijakan dan upaya yang diambil terkait hal itu tentu harus diiringi dengan dukungan dan kedisiplinan kuat yang ditunjukkan oleh masyarakat. Dengan kedisiplinan juga ketegasan tersebut Presiden berharap bahwa skenario yang telah ditempuh pemerintah dapat berjalan dan memberikan hasil yang baik. 

Pemerintah sendiri telah melakukan sejumlah analisis pertimbangan terukur mengenai cara dan upaya penanganan Covid-19 yang hendak ditempuh pemerintah Indonesia.

"Saya memiliki analisis-analisis seperti ini dari semua negara. Ada semuanya. Kebijakan mereka apa, mereka melakukan apa, kemudian hasilnya apa. Semuanya dari Kementerian Luar Negeri lewat dubes-dubes yang ada terus kita pantau setiap hari," kata Presiden. bbs