Peace Run 2020 Semarak, Forkas Jatim Siap Besarkan UMKM Bangkalan

Sabtu, 08 Feb 2020 | 23.08 WIB

Peace Run 2020 Semarak,  Forkas Jatim Siap Besarkan UMKM Bangkalan

Bupati Bangkalan Raden Abdul Latif Amin Imron saat menerima cindera mata dari Rotary (centroone)


Centroone.com - Masyarakat Kabupaten Bangkalan antusias mengikuti Peace Run 2020 yang digelar Rotary D3420 bersama Sri Chinmoy Oneness-Home Peace Run. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta lari yang mengiringi obor perdamaian sembari mengelilingi alun-alun Bangkalan. Acara yang berpusat di depan Pendopo Agung Bangkalan itu juga dimeriahkan dengan sejumlah hadiah menarik. 

Atas pelaksanaan itu, Bupati Bangkalan Raden Abdul Latif Amin Imron mengacungi jempol acara tersebut. Dia mengaku sangat berterima kasih karena telah memilih Bangkalan sebagai kota pelaksanaan di hari terakhir gelaran acara.

Pada acara yang juga dihadiri Forkompimda Bangkalan, Forum Komunikasi Umat Beragama Bangkalan serta para pengusaha di kota itu, Abdul Latif mengatakan, sangat berterima kasih kepada Rotary dan Peace Run karena telah mengundang puluhan UMKM di Bangkalan dalam acara Peace Market.

Abdul Latif juga sangat berterima kasih kepada Forkas (Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha) Jatim yang juga memberikan perhatiannya kepada UMKM Bangkalan. "Forkas Jatim sanggup membesarkan UMKM Bangkalan dan siap membantu terkait packaging, kualitas produk dan pembinaan lainnya. 

Dengan begitu, produk Bangkalan bisa masuk pasar modern. Saat ini, melalui BUMD Bangkalan, kami juga ada program untuk berusaha memasukan produk UMKM Bangkalan untuk bisa masuk ke pasar moderen. Bangkalan juga telah memiliki Perda tentang berdirinya pasar modern yang harus mengakomodir produk UMKM kami," jelas Abdul Latif.

Sementara terhadap Rotary dan Peace Run, Abdul Latif mengatakan dengan kedatangan dua organisasi itu ke Bangkalan, justru akan memunculkan rasa rindu untuk berkunjung kembali ke Bangkalan. Untuk itu, Bangkalan siap kapanpun untuk dikunjungi.

Terkait perhatian Forkas Jatim terhadap UMKM Bangkalan, Ketua Forkas Jatim Nur Cahyadi membenarkannya. Menurut dia, sangat disayangkan jika produk UMKM Bangkalan tak mendapat perhatian lebih dari manapun. Untuk itu pihaknya siap membantu membesarkan UMKM Bangkalan melalui program-programnya.

Disaat yang sama, Distric Governor Rotary D3420 Indonesia Febri Dipokusumo sangat berterima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan masyarakatnya. Karena, jika tak ada perhatian semuanya, tentu acara Peace Run 2020 tak bisa berjalan dengan sukses.

 "Kami sangat bangga dengan pemerintah dan masyarakat Bangkalan atas sambutan yang diberikan. Terkhusus kepada ibu bupati, saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih. Apalagi ibu bupati yang mampu menjadi motivator pada anak-anak dan bisa mengaturnya. Ini sangat pas dengan pak bupati," tukas Febri, mantan Putri Citra Indonesia 1992 ini.

Salil Wilson sebagai Direktur Sri Chinmoy Oneness-Home Peace Run, kagum dengan Bangkalan. Menurut dia, sungguh di luar dugaan terkait keramahan Pulau Madura, khususnya Bangkalan. Pasalnya, cerita tentang masyarakat Madura yang keras, justru tak dijumpai dalam acara Peace Run 2020 tersebut. "Masyarakatnya sangat ramah, begitu juga dengan bupatinya. Kami berterima kasih atas dukungan terhadap acara ini hingga sukses," kata Salil Wilson.

Sementara di Peace Market yang juga digelar di Pendopo Agung Bangkalan, Misnari dari Naraya Batik, Tanjung Bumi Bangkalan mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan adanya acara-acara ini. Sebab, pihaknya bisa langsung memasarkan batik tulis Madura dan batik cap.

 "Usaha saya ini adalah turunan kakek nenek kami. Saya adalah generasi keempat dalam menjalankan usaha ini. Selama ini kami dibina Pemerintah Bangkalan, khususnya Dinas Perindustrian dalam hal pelatihan packaging dan pemasaran. Semoga dengan acara seperti ini, batik tulis Madura tak hanya dikenal nasional tapi juga internasional," aku Misnari.

Saat Peace Market, seluruh anggota Rotary yang hadir diminta untuk berbelanja sebanyak-banyaknya. Hal ini bukanlah bentuk foya-foya, melainkan untuk membantu para UMKM yang menjual produknya. (win/by)