Terapkan Rating Klasifikasi Untuk Akomodasi Non-Hotel

Jumat, 07 Feb 2020 | 12.00 WIB

Terapkan Rating Klasifikasi Untuk Akomodasi Non-Hotel

Sistem rating kualitas baru memberikan traveler jaminan kualitas dengan memudahkan perbandingan tempat-tempat menginap yang unik (bookingcom)



Centroone.com - Rating klasifikasi bintang untuk hotel sudah diakui dan digunakan di seluruh dunia sebagai sarana untuk membantu menilai dan membandingkan kualitas hotel. Namun, belum ada sistem rating yang berlaku secara global untuk akomodasi alternatif seperti rumah liburan atau apartemen, hingga saat ini. 

Dengan akomodasi non-hotel makin jadi pilihan wisatawan, Booking.com merintis sistem Rating Kualitas global pertama yang konsisten dan objektif untuk apartemen, rumah liburan, dan vila.  Serupa dengan rating klasifikasi bintang untuk hotel yang secara objektif menilai hotel berdasarkan serangkaian kriteria kualitas, sistem Rating Kualitas yang baru untuk apartemen, rumah liburan, dan vila di Booking.com ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam industri travel. 

Sistem ini memberikan tolok ukur global yang bisa dikenali dan diandalkan oleh traveler untuk mengidentifikasi akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan kualitas mereka dengan lebih mudah. Cara kerja Rating Kualitas Sistem Rating Kualitas menggunakan algoritma pemelajaran mesin yang memperhitungkan lebih dari 400 faktor, seperti lokasi, ukuran dan fasilitas, untuk membantu traveler menilai kualitas dan kenyamanan akomodasi di seluruh dunia dengan lebih baik. 

"Tamu hotel bisa mengandalkan sistem rating bintang yang telah lama digunakan untuk membantu mereka memilih. Namun, traveler yang memilih tempat lain yang lebih unik kekurangan sesuatu yang serupa saat harus membuat keputusan. Kini, selain melihat ulasan tamu yang berharga dan terverifikasi, traveler Booking.com juga bisa mencari apartemen, rumah liburan atau vila dengan melihat skor Rating Kualitas dan dapat lebih leluasa membuat keputusan yang sesuai dengan harapan mereka. " tukas Eric Bergaglia, Global Head Booking.com untuk bisnis apartemen dan rumah liburan. 

Faktanya, sebanyak 46% traveler Indonesia lebih memilih untuk menginap di rumah liburan atau apartemen ketimbang hotel pada tahun 2020. Sementara, ‘Rating Bintang’ merupakan salah satu filter yang paling sering dipakai di Booking.com.   

Sistem ini memberi informasi untuk membantu traveler mengambil keputusan saat memilih akomodasi yang sempurna. Level kualitas yang berbeda-beda dengan nilai 1 sampai 5 ditampilkan dalam kotak kuning di samping setiap nama akomodasi. Skor Rating Kualitas menggunakan akomodasi di sekitarnya sebagai tolok ukur untuk memastikan hasilnya relevan secara lokal dan terus dihitung ulang sepanjang tahun untuk menjamin akurasinya. 

"Sebanyak75% akomodasi yang menerima Booking.com Traveller Review Awards 2020 adalah rumah liburan, apartemen dan tipe akomodasi unik lainnya. Dari angka tersebut, 40% di antaranya adalah apartemen. Dengan sistem baru ini, kami berharap dapat mempermudah traveler untuk menemukan tempat menginap yang sempurna ke mana pun mereka pergi.”  tambah Eric. 

Peraih skor tertinggi di dunia Amerika Serikat, Yunani, Spanyol, Italia, dan Prancis menduduki peringkat teratas negara dengan jumlah akomodasi peraih skor tertinggi (5 dari 5), sementara traveler dari Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, Inggris, dan China adalah yang paling sering memilih apartemen, rumah liburan, dan vila dengan nilai tertinggi.  by