Tomohon Terapkan Layanan Smart City Qlue

Kamis, 27 Feb 2020 | 17.00 WIB

Tomohon Terapkan Layanan Smart City Qlue

Suasana command center di Kota Tomohon. Command center ini dilengkapi dengan QlueDashboard, yang mengintegrasikan seluruh data yang diambil melalui aplikasi pelaporan masyarakat, (Qlue)



Centroone.com - Qlue memperluas layanan solusi smart city ke kota Tomohon. Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mengungkapkan Qlue hadir untuk meningkatkan kemampuan command center yang dimiliki oleh Tomohon Smart City.  

Integrasi dashboard Qlue dapat menggabungkan berbagai data dari masyarakat, yang bisa digunakan oleh pimpinan daerah untuk merumuskan kebijakan strategis. 

Di sisi pelayanan publik, masyarakat Kota Tomohon dapat memangkas birokrasi dengan langsung menyampaikan keluhan yang ada di lingkungan mereka maupun mengenai pelayanan pemerintah langsung melalui aplikasi Qlue, baiki itu masalah sampah sampai iklan liar. 

“Pemerintah Kota Tomohon ingin membangun konsep pemerintahan yang akuntabel dan transparan dalam pilar smart government, sejalan dengan misi kami dalam program EMAS (E-government, Mengubah Wajah Kota, Akselerasi Pembangunan, dan Smart City)." kata Jimmy Feidie Eman.

Founder & CEO Qlue, Rama Raditya mengungkapkan dengan memanfaatkan smartphone, warga Tomohon dapat melaporkan berbagai masalah lingkungan dan sosial menggunakan QlueApp. Warga Tomohon dapat memonitor status laporan di dalam aplikasi, mulai dari menunggu, proses, hingga selesai. Dengan fitur geotracking, laporan warga langsung masuk ke dalam QlueDashboard agar masalah dapat langsung dipetakan, dan ditindaklanjuti.

“Data Biro Pusat Statistik Kota Tomohon menunjukkan sekitar 84% penduduk Kota Tomohon menggunakan ponsel, di mana 57% dari jumlah tersebut memiliki akses ke internet. Kami berharap penduduk Kota Tomohon dapat memanfaatkan berbagai teknologi dan inovasi Qlue dalam layanan publik yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.” ujar Rama.

Peresmian aplikasi Qlue di Kota Tomohon dilakukan oleh Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE, Ak, CA, dan Chief Commercial Officer (CCO) dan Chief Operations Officer (COO) Maya Arvini, dan disaksikan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tomohon di Balai Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Penerapan Qlue merupakan bagian dari tahapan Tomohon Smart City dan gerakan 100 Smart City yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.  by