Ancaman Virus Corona : Arab Saudi Stop Sementara Ibadah Umroh

Kamis, 27 Feb 2020 | 14.00 WIB

Ancaman Virus Corona : Arab Saudi Stop Sementara Ibadah Umroh

ilustrasi Mekkah (pixabay)



Centroone.com - Dengan penyebaran virus corona mulai merambah Timur Tengah, Pemerintah Arab Saudi mulai melakukan langkah pencegahan. 

Arab Saudi mengumumkan Mekah dan Madinah sementara tertutup untuk ibadah umroh, dan juga menghentikan sementara visa umroh.  

Arab Saudi juga menghentikan penerbitan visa bagi pengunjung dari negara-negara dengan risiko tinggi pembawa virus. Daftar negara yang termasuk dalam kategori ini tidak tersedia saat ini. 

Tindakan itu belum pernah terjadi sebelumnya meskipun tingginya wabah MERS pada 2012 yang merenggut 600 nyawa.   Seperti MERS, virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 termasuk dalam keluarga coronavirus.  

Ibadah umroh menarik puluhan ribu muslim dari seluruh dunia setiap bulan. Pemerintah Saudi menegaskan bahwa penutupan ini bersifat sementara untuk mencegah penyebaran virus.   Musim haji tahun ini dimulai pada bulan Juli. Jika penutupan tidak dicabut sebelum bulan itu, ada kemungkinan bahwa haji tahun ini akan dibatalkan.

Di Timur Tengah, sejumlah negara baru termasuk Afghanistan, Bahrain, Irak, Oman , Kuwait, dan Uni Emirat Arab telah melaporkan kasus baru pekan ini.  bbs