Mengenal Manfaat Serat Pangan Inulin Untuk Anak

Rabu, 26 Feb 2020 | 17.00 WIB

Mengenal Manfaat Serat Pangan Inulin Untuk Anak

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur. (istimewa)



Centroone.com - Susu  memainkan peran penting dalam mempertahankan kadar kalsium dan cadangan vitamin. Manfaat utama yang ditawarkan susu mencakup nutrisi otak (brain care), daya tahan tubuh optimal (body defense), dan pertumbuhan tubuh optimal (body growth), hal-hal penting bagi pertumbuhan Generasi Platinum atau Generasi Alfa. 

Seperti Morinaga Chil*Go!, inovasi KALBE Nutritionals dan Morinaga Research Center Jepang yang telah berpengalaman mendukung nutrisi dan kesehatan keluarga selama lebih dari 100 tahun. 

Melalui sebuah penelitian, terbukti bahwa pemberian suplementasi nutrisi Chil*Go! 2 botol sehari pada anak pra-sekolah 3-6 tahun disertai edukasi dan stimulasi ternyata, mempunyai dampak terhadap kualitas kesehatan anak, seperti: anak lebih bugar karena memiliki kadar hemoglobin lebih baik, dan anak lebih tahan terhadap infeksi, dan juga memperkecil risiko gangguan perkembangan dan gangguan perilaku-emosi pada anak. Tidak hanya itu kandungan serat pangan inulin di dalam Chil*Go, juga baik untuk kesehatan. 

“Inulin adalah salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat dan tergolong sebagai prebiotik. Secara alami, inulin dapat ditemukan pada berbagai buah-buahan dan sayuran, seperti bawang merah, pisang, bawang putih, gandum, dan sebagainya. Serat Pangan Inulin bermanfaat membantu memelihara fungsi saluran pencernaan agar mendukung pertahanan tubuh Si Kecil. Ditambah lagi kombinasi 10 vitamin, dan 5 mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga termasuk Si Kecil, dan dapat dibawa anak saat melakukan aktivitas luar rumah, bermain, serta belajar,” papar Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Liquid Nutrition 

Banyak jurnal dan penelitian ilmiah yang meneliti manfaat serat pangan Inulin untuk meningkatkan mikroflora atau mikrobiota normal di usus sehingga dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Dengan terjaganya mikrobiota ini akan membuat pertahanan tubuh anak menjadi lebih kuat terhadap infeksi bakteri dan virus sehingga Si Kecil tidak gampang sakit. 

“Anak-anak yang sehat terbukti memiliki citra diri lebih baik dan self-esteem lebih tinggi. Sekali lagi itu sebabnya gizi anak sangat penting. Anak-anak tidak bisa membedakan makanan apa yang baik dan yang buruk.  Orang tua harus memastikan bahwa setiap anaknya mendapatkan nutrisi yang sehat, sembari memberikan stimulasi yang seimbang, seperti berkomunikasi dengan positif dengan anak, berkegiatan di luar ruangan, dan tentu saja, istirahat yang cukup.” tutup Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur.  by