Nutrisi-Stimulasi Jadi Fondasi Penting Generasi Platinum

Rabu, 26 Feb 2020 | 14.00 WIB

Nutrisi-Stimulasi Jadi Fondasi Penting Generasi Platinum

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur. (istimewa)



Centroone.com - Setiap orang tua mengharapkan putra-putrinya bisa menjadi bagian dari Generasi Platinum atau Generasi Alfa (sebutan untuk anak-anak yang lahir sejak tahun 2010). 

Anak-anak Generasi Platinum lahir pada saat teknologi komunikasi sudah sangat maju, sehingga mereka memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengakses dan memanfaatkan teknologi tersebut.  Sementara generasi ini tidak hanya dinilai dari kemampuan akademis, melainkan juga bidang non-akademis. 

Dengan tantangan tersebut - orang tua harus menyiapkan Si Kecil menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat, kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual. Jelas untuk mencapai hal tersebut, beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti stimulasi, pola asuh, perawatan kesehatan yang baik serta nutrisinya. 

Penelitian menunjukkan bahwa antara usia 0 hingga 5 tahun, otak anak mengalami perubahan besar. Nutrisi yang diberikan kepada anak selama periode emas inilah yang menjadi bahan baku fondasi pertumbuhan otak anak. Inilah sebabnya nutrisi otak anak begitu penting. Disamping itu agar setiap bagian tubuh tumbuh dan berkembang dengan sempurna maka tubuh membutuhkan nutrisi. Setiap bagian tubuh membutuhkan jenis nutrisi tertentu agar tumbuh dan berfungsi optimal. 

“Kalsium sangat penting bagi anak-anak. Asupan kalsium yang memadai meningkatkan kepadatan tulang yang optimal yang akan membantu mengoptimalkan tinggi badan remaja dan mengurangi risiko kehilangan tulang di kemudian hari. Tentunya kita semua sudah tahu bahwa susu adalah sumber kalsium terbaik. Selain kalsium, susu juga menjadi sumber protein, dan lemak yang penting, termasuk bagi anak-anak,” papar Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur. 

Susu sendiri memegang peran penting dalam mempertahankan kadar kalsium dan cadangan vitamin D, serta berbagai manfaat kesehatan yang lebih besar berkat berbagai nutrisi yang dikandungnya. Manfaat utama yang ditawarkan susu mencakup nutrisi otak (brain care), daya tahan tubuh optimal (body defense), dan pertumbuhan tubuh optimal (body growth). 

“Semua kebaikan nutrisi makro-mikro di dalam susu, tidak bisa berdiri sendiri dalam membentuk Generasi Platinum, harus ada stimulasi yang memaksimalkan tumbuh kembang anak, misalnya aktivitas fisik. Orang tua harus mampu memberikan stimulasi yang dapat bersinergi dengan asupan nutrisi yang diberikan kepada anak,” tambah dr. Muliaman Mansyur.  by