Ini Para Pemenang Airun Dekan Cup 2020

Senin, 24 Feb 2020 | 12.00 WIB

Ini Para Pemenang Airun Dekan Cup 2020

sejumlah peserta Airun Dekan Cup 2020 (Centroone)



Centroone.com - Lomba lari “AIRUN (Aesculap Inspire to Run),” pembuka kegiatan tahunan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Dekan Cup 2020 digelar Minggu, (23/02/2020). Mengambil rute sepanjang  5km , tahun ini AIRUN diikuti 1000 peserta.  

Sesuai tema tahun ini, Heart Disease - sepanjang rute terdapat pos-pos edukasi terkait masalah jantung untuk menambah pengetahuan pelari.  Setelah menempuh rute kampus FK Unair, SMA komplek, Grand City kemudian kembali ke kampus FK Unair, Insani Nur Ilmi menjadi yang terbaik di kategori putra dengan catatan waktu 15 menit 43 detik. Sementara kategori putri, Maysara menjadi yang pertama finish dengan catatan waktu 21 menit 57 detik. 

Dalam event tersebut juga akan digelar cek Kesehatan gratis sediakan bekerja sama dengan beberapa departemen Rumah Sakit Dr. Soetomo, Varises Indonesia Clinic, serta klinik kesehatan Prodia.  Turut digelar edukasi mengenai Basic Life Support (BLS).   

“Salah satu penyebab kematian pertama di indonesia adalah jantung koroner, semua penyakit jantung terjadi secara mendadak tanpa gejala. Yang ada  faktor resiko.  Kami memberikan edukasi, melalui aktivitas fisik bisa mengurangi faktor resiko terjadinya penyakit jantung.  Mulai dari event lari, kegiatan sport -non sport bisa meningkatkan kegiatan positif yang bisa mengurangi faktor resiko (penyakit jantung). “ ujar  Ketua Divisi Acara Dekan Cup 2020 Zefo Kiyosi Wibowo tentang pilihan tema Dekan Cup 2020. 

Keuntungan dari event ini 10% akan didonasikan kepada Yayasan Jantung Indonesia (YJI). Seperti tahun-tahun sebelumnya AIRUN, sepanjang track akan disediakan pos-pos – tidak hanya untuk penyegaran tapi juga edukasi tentang masalah kesehatan jantung.  

Selain AIRUN, Dekan Cup 2020 juga akan menggelar berbagai lomba di beberapa tempat kampus UNAIR serta lapangan di luar FK UNAIR. 20 lomba diadakan dari berbagai cabang mulai dari sport, kesenian, hingga duta FK, yang akan diikuti oleh seluruh civitas akademika FK UNAIR.  Kegiatan Dekan Cup 2020, akan ditutup dengan perhelatan  “ANESTHESIA”,yang akan dimeriahkan oleh penampilan band besar dan band papan atas tanah air.   by