Kenalkan IPA Lewat Cara FUN

Senin, 17 Feb 2020 | 16.00 WIB

Kenalkan IPA Lewat Cara FUN

Workshop “Science Is Fun” SGU (SGU)



Centroone.com - Mata Pelajaran IPA sering jadi momok para pelajar. Anggapan mata pelajaran IPA sulit dan terlalu serius membuat para pelajar lebih memilih menghindari IPA. Lewat “Indonesian Fun Science Award 2.0, ”  Swiss German University (SGU) mengajak para pelajar lebih dekat dengan mata pelajaran IPA dengan cara yang lebih menyenangkan. 

“Indonesian Fun Science Award 2.0” dengan tema  “Fun Horizon of Scientific Research” diprakarsai oleh fakultas Life Science & Technology SGU.  Kompetisi ini hadir untuk menumbuhkan rasa “ingin tahu” dan “ingin mencoba” generasi muda melalui pengetahuan dasar tentang cara melakukan penelitian atau proyek yang menyenangkan. 

Pada tahun 2019, IFSA 1.0 melahirkan karya penelitian FUN dan penuh kreasi. Diantaranya adalah, Intensitas Bercermin Siswi IPA dan Siswi IPS, Hubungan Suhu dan Cuaca Terhadap Tingkat Kemageran Siswa, Pengujian Kesetiaan Semut: Antara Teman dan Makanan, Kepo Terhadap Mantan (Orbiting) Sebuah Analisis Stalking Behavior, dan berbagai puluhan karya penelitian lainnya.

“Banyak dari kita yang memiliki banyak pertanyaan-pertanyaan unik dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita jadikan penelitian, khususnya dari generasi penerus. Banyak orang berfikir hal itu sepele. Meneliti sesuatu sepele itu tidak sepele, ternyata penting dan banyak org yang tertarik. Hanya saja belum ada yang terpikir.  " kata Dr. Hery Sutanto selaku kepala jurusan dari Chemical Engineering (Pharmaceutical Engineering / Sustainable Energy & Enviroment) Study Program 

Kompetisi ini memberikan kesempatan  bagi para pelajar SMA dan Sederajat di semua jurusan (IPA,IPS, Bahasa, dan sebagainya) untuk daftar menjadi peserta. Pendaftaran dibuka pada tanggal 9 Desember 2019 – 2 Maret 2020.   

Sebelum kompetisi dimulai, SGU mengadakan workshop yang berjudul “Science Is Fun” Workshop diselenggarakan dalam rangka untuk melatih pelajar SMA agar memiliki pengetahuan dasar yang terkait dengan penelitian ilmiah sederhana dan bagaimana menginterpretasikan data. 

"IFSA 2.0 menjadi wadah yang tepat untuk menyalurkan potensi serta gagasan generasi penerus yang penuh dengan kreatifitas tinggi. Ide atau gagasan unik yang dijadikan penelitian tersebut nantinya dapat menjadi suatu inovasi dan solusi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari” ujar Dr. Hery Sutanto lagi. 

SGU memberikan kesempatan berlibur gratis ke Jerman bagi peserta yang berhasil terpilih menjadi pemenang. Selain berlibur, mereka juga akan di ajak untuk melakukan Edu Trip mengunjungi salah satu universitas di Jerman yang bekerja sama dengan SGU yaitu Fachhochschule Sűdwestfalen. Tak hanya itu, kompetisi ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan beasiswa di SGU. by 


...
0



There are 0 comments in this current article