Wisata Ramah Lingkungan Diprediksi Makin Jadi Idola

Rabu, 08 Jan 2020 | 14.09 WIB

Wisata Ramah Lingkungan Diprediksi Makin Jadi Idola

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Dengan kemajuan teknologi yang terus terjadi, aplikasi perjalanan yang revolusioner, dan konektivitas yang lebih baik, orang-orang berharap lebih banyak dari pengalaman perjalanan mereka dalam dekade berikutnya. 

Secara umum, menurut riset dari Agoda -  orang ingin meningkatkan jumlah perjalanan yang mereka lakukan di tahun 2020-an. Sebanyak 40% responden global ingin lebih banyak menjelajahi negara mereka sendiri, sementara 35% responden ingin lebih sering melakukan perjalanan internasional.

Yang juga menarik, dalam konteks narasi global tentang keberlanjutan iklim, ini juga menjadi tren, di mana lebih dari seperempat responden ingin membuat pilihan perjalanan yang lebih ramah lingkungan dalam dekade berikutnya.  

Wisatawan dari Singapura, Thailand, dan Indonesia adalah yang paling tertarik untuk membuat pilihan ramah lingkungan, dan mungkin lebih menyadarinya dibandingkan wisatawan dari negara lain dengan adanya penutupan Teluk Maya di Thailand baru-baru ini, dan program rehabilitasi Boracay di Filipina. Dengan demikian, wisatawan juga ingin berkontribusi terhadap lingkungan ketika sedang berlibur.

Dengan  39 persen wisatawan ingin membuat pilihan yang ramah lingkungan saat melakukan perjalanan, menjadikan wisatawan Indonesia salah satu pemimpin paling potensial atas perubahan ini dengan rata-rata 26 persen.

"Para wisatawan Asia khususnya, sangat tertarik dengan, dan berharap akan, perkembangan teknologi yang meningkatkan dan menyederhanakan pengalaman perjalanan mereka. Perusahaan-perusahaan yang berbasis di Asia kini memimpin dunia dalam adopsi dan pengembangan teknologi untuk mencapai hal ini. " ujar Timothy Hughes, Vice President of Corporate Development di Agoda. 

Wisatawan dalam kelompok usia 35-44 dan 55+ lebih ingin mengeksplorasi negara dan wilayah mereka sendiri (masing-masing di angka 40% dan 42%), di mana wisatawan dari China, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, AS, dan Vietnam memilih tujuan domestik dalam tiga destinasi impian mereka untuk dekade mendatang.

Sementara itu, wisatawan Korea dan Jepang memperkirakan akan melakukan lebih banyak perjalanan solo dalam dekade berikutnya. Orang Taiwan dan Indonesia lebih suka mengambil cuti panjang untuk berlibur. Dimana 29% orang Indonesia berharap dapat mengambil cuti panjang untuk berlibur.  by