2 Teknologi Ini Buat Perayaan Imlek Makin Berarti

Sabtu, 25 Jan 2020 | 14.00 WIB

2 Teknologi Ini Buat Perayaan Imlek Makin Berarti

angpao Imlek (Pixabay)



Centroone.com - Setiap musim Imlek atau tahun baru china jutaan warga China tidak ketinggalan untuk mudik di kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara mereka. 

Tradisi ini terkadang memakan waktu dan tenaga dengan stasiun selalu penuh penumpang. Saat berkumpul angpao adalah salah satu hal yang diberikan orang yang lebih tua kepada anak-anak atau sanak keluarga yang lebih muda. 

Tradisi yang terkait imlek - kebanyakan telah berusia ribuan tahun. Namun dengan perkembangan teknologi yang sudah makin maju, Tahun ini sejumlah tradisi turut berkembang.  Dilansir dari Bloomberg, berikut 2 teknologi yang membantu warga China atau mereka yang merayakan imlek, tanpa melupakan kearifan Imlek itu sendiri. 

1. Angpao online 
Ini adalah salah satu tradisi dengan perkembangan paling drastis. Setidaknya lima tahun lalu keluarga di China berburu angpao kertas di toko-toko. Namun dengan perkembangan teknologi - terutama kehadiran WeChat, angpao kini selalu di tangan. 

​Pada peraayaan imlek tahun 2017 lalu, 46 miliar angpao virtual dikirim lewat layanan seperti Wechat. Angka itu setara dengan 33 angpao untuk setiap orang di China. Dua tahun sebelumnya, rasio tersebut hanya dua banding satu.

2.  Mudik Lebih cepat dengan Kereta Api Peluru 

Saat musim mudik Imlek, setidaknya lebih dari 3 miliar perjalanan terjadi.  Tentu saja dengan jumlah warga yang mudik serta kereta yang ada perjalanan mudik menjadi sangat menantang.

Tapi dengan tahun lalu China mulai mengoperasikan kereta api peluru, kini perjalanan makin cepat dengan perjalanan yang ditempuh turun seperempat persen dari waktu yang dibutuhkan dengan kereta api biasa. by