Arti Warna Merah Perayaan Imlek

Jumat, 24 Jan 2020 | 16.00 WIB

Arti Warna Merah Perayaan Imlek

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com -  Perayaan Tahun baru China atau Imlek identik dengan warna merah. Di China atau setiap warga dunia yang merayakan imlek pasti menghiasi rumah dengan warna merah baik itu pita atau lampion merah. Selain warna merah, imlek juga identik dengan kembang api. Pesta kembang api yang sangat meriah selalu digelar setiap tahunnya untuk merayakan Imlek.

Di balik kemeriahan warna merah dan kembang api, ternyata warna merah dan kembang api menyimpan cerita menarik. Kembang api dan dekorasi merah di depan banyak rumah dan gedung awalnya ditujukan untuk menakut-nakuti nian,yang berarti tahun dalam bahasa Mandarin, monster mistis seharusnya memangsa orang dan ternak pada malamg pergantian tahun.

Monster ini berdasarkan mitos takut pada suara keras (kembang api) dan juga warna merah. Meskipun dalam perkembangan jaman mitos itu sudah makin surut, warna merah dan kembang api masih tetap setia jadi pendamping perayaan imlek. Lampion dan pita merah digantung di depan rumah untuk menangkal roh jahat dan membawa keberuntungan, demikian seperti dilansir dari China Daily.  

Di Cina modern, merah tetap menjadi warna yang sangat populer dan berafiliasi dengan dan digunakan oleh pemerintah komunis . dok