5 Tradisi Yang Selalu Ada Saat Imlek

Jumat, 24 Jan 2020 | 18.00 WIB

5 Tradisi Yang Selalu Ada Saat Imlek

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Imlek - Tahun Baru China tahun 2016 jatuh pada tanggal 8 Februari besok. Berdasarkan penanggalan China, Imlek tahun ini merupakan pergantian tahun untuk memasuki Tahun Kera Api. Saat menjelang Imlek ataupun perayaan Imlek sendiri warga China dan keturunannya yang tersebar di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia memiliki beberapa tradisi. Berikut beberap diantaranya.

1. Memasang Hal Berbau Merah
 Menghias rumah, pakaian, dan aksesoris berwarna merah dapat mengusir nian - sejenis mahkluk buas yang menurut kepercayaan China selalu muncul saat Imlek- karena ia takut dengan warna merah. Jadi, tidak heran kalau nuansa merah begitu jelas terlihat saat Imlek.

2. Angpao
Angpao ini biasanya diisi dengan sejumlah uang di dalamnya. Bagi anak-anak dan mereka yang masih lajang, Imlek berarti banjir uang karena orang tua atau mereka yang sudah menikah diwajibkan memberikan angpao (amplop merah).  

3. Kembang Api
Selain sebagai bentuk perayaan, kembang api saat imlek dipercaya turut mengusir mahkluk jahat.

4. Pantangan Membalik Ikan
Ikan merupakan salah satu hidangan wajib saat Imlek. Namun untuk menyantapnya, saat Imlek adalah satu hal yang harus diperhatikan.  Yakni dilarang membalik ikan untuk mengambil daging ikan pada bagian bawah. Ditambah lagi, tidak boleh menghabiskan ikan tersebut dan menyisakannya agar bisa dinikmati esok hari. Masyarakat Tionghoa percaya kalau kebiasaan ini merupakan lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

5.  Mengunjungi Sanak Saudara
Dalam satu - dua hal Imlek memiliki kesamaan dengan peringatah Hari Raya Lebaran. Saat Imlek tiba, jutaan warga China juga melakukan mudik. Saat di kampung halaman, ketika Hari H , mereka akan saling mengunjungi sanak saudar tali persaudaraan tidak terputus. bbs