9 Fakta Musim Liburan Imlek di Asia

Rabu, 22 Jan 2020 | 16.00 WIB

9 Fakta Musim Liburan Imlek di Asia

ilustrasi salah satu tujuan wisata di Vietnam (pixabay/nguyentuanhung)


Centroone.com - Tahun Baru Imlek, yang juga dikenal sebagai Festival Musim Semi, adalah momen terjadinya migrasi global terbesar, di mana orang-orang di seluruh dunia mengunjungi keluarga dan teman-teman mereka. 

Benua Asia, jadi salah satu benua yang menyambut dengan meriah perayaan Imlek. Berikut sejumlah fakta tentang musim liburan Imlek, yang dirangkum platform perjalanan wisata Agoda.  Data Agoda berasal dari pasar di seluruh Asia yang dikumpulkan selama periode Tahun Baru Imlek tahun 2018, 2019 dan 2020.

1.Wisatawan dari China berbondong-bondong mengunjungi Jepang, dengan Tokyo, Osaka, dan Sapporo menjadi kota tujuan internasional utama bagi wisatawan China.

2.Jepang menjadi negara nomor satu bagi wisatawan dari Thailand pada Festival Musim Semi ini, yang memilih delapan kota di Jepang dalam daftar 10 kota terfavorit.

3.Sementara pelancong Jepang lebih memilih destinasi tropis pada Tahun Baru Imlek ini, dengan Bangkok, Pattaya, dan Chiang Mai di Thailand masing-masing berada di posisi ke-1, ke-3 dan ke-9. Sementara Singapura, Cebu, dan Honolulu berada di urutan ke-7, ke-8 dan ke-10. Seoul naik dari peringkat ke-4 pada tahun 2019 ke posisi ke-2 tahun ini.

4.Wisatawan Korea Selatan memilih destinasi pantai untuk merayakan 'Seollal', di mana 10 kota terfavorit mereka adalah Nha Trang (#3), Da Nang (#4) (Vietnam), Cebu (#6) (Filipina), Guam (#8) (Mikronesia), dan Bali (#10) (Indonesia).

5.Malaysia, Indonesia, dan Thailand menjadi destinasi favorit para pelancong Singapura di Tahun Baru Imlek ini, dengan Batam, Johor Bahru, dan Kuala Lumpur menyandang gelar tiga kota terfavorit.

6.Wisatawan Taiwan yang memilih tujuan internasional untuk merayakan Festival Musim Semi berbondong-bondong mengunjungi Jepang, di mana 7 dari 10 destinasi terfavorit mereka berada di negara ini. Seoul (#6) dan Busan (#9) di Korea Selatan juga menjadi favorit tahun ini.

7.Pelancong Vietnam merayakan 'Tet Nguen Dan' (atau Tet), dan tahun ini, sekali lagi, para wisatawan Vietnam yang mencari destinasi internasional untuk merayakan Festival Musim Semi, lebih memilih kota-kota kosmopolitan yang ramai seperti Bangkok (#1), Singapura (#2), Taipei (#3).

8.Malaysia, negara dengan pengunjung kedua terbanyak dari para wisatawan seluruh Asia untuk Tahun Baru Imlek ini, juga meraih lima dari 10 destinasi internasional terfavorit bagi para pelancong Indonesia, seperti Kuala Lumpur (#1), Genting Highlands (#4), Penang (#6), Johor Bahru (#8), dan Kuching (#9).

9.Wisatawan Malaysia yang ingin merayakan Festival Musim Semi di destinasi internasional, memilih negara tetangga Thailand dan lima kota di negara tersebut dalam daftar 10 destinasi utamanya (Hat Yai, #1; Bangkok, #2; Krabi, #3; Phuket, #4; dan Koh Lip, #10). by