2019, Singapura Masih Negara Favorit Wisatawan Indonesia

Jumat, 06 Mar 2020 | 13.00 WIB

2019, Singapura Masih Negara Favorit Wisatawan Indonesia

Jolene Goh, Area Director STB Indonesia (Surabaya). (STB)


Centroone.com - Wisatawan Indonesia masih menjadikan Singapura sebagai negara favorit untuk berlibur.  Indonesia sendiri merupakan negara sumber kunjungan wisatawan terbesar kedua untuk Singapura, dengan 3,11 juta wisatawan Indonesia berkunjung di 2019 – sebuah angka rekor yang tinggi. 

Indonesia juga menjadi salah satu negara pendukung pertumbuhan pendapatan pariwisata Singapura, dengan banyaknya wisatawan leisure dari Indonesia melakukan aktivitas belanja, serta bertambahnya jumlah wisatawan Indonesia yang datang menggunakan maskapai penerbangan Singapura.  Angka kunjungan wisatawan leisure dari Indonesia (+3%) tercatat sebagai salah satu yang memiliki pertumbuhan absolut tertinggi di 2019, bersama Tiongkok (+6%) dan Amerika Serikat (+13%). 

Sementara itu pada Januari hingga September 2019, angka pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai S$2,26 miliar dengan pertumbuhan (+6%), pertumbuhan absolut tertinggi secara year-on- year dalam devisa sektor pariwisata, di luar dari Sightseeing, Entertainment and Gaming (TR ex-SEG). 

“Kami senang mengetahui bahwa wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura untuk liburan maupun bisnis lebih banyak dari sebelumnya. Rekor yang tinggi dari angka kunjungan wisatawan Indonesia menunjukkan Singapura sebagai destinasi yang diminati oleh wisatawan Indonesia, tidak hanya oleh wisatawan asal Jakarta, namun juga kota-kota di luar Jakarta. " tukas Jolene Goh, Area Director STB Indonesia (Surabaya). 

STB Indonesia juga telah memperkuat kampanye brand Passion Made Possible untuk menyampaikan pesan komunikasi melalui partnership dengan media yang dilakukan selama setahun, mendorong dan memperkuat hubungan dengan travel trade melalui roadshow di beberapa kota, serta bekerja sama dengan para inovator terdepan di bidang teknologi seperti Traveloka, Loket/GoTiX, dan Klook melalui penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) yang memudahkan warga Indonesia untuk memesan perjalanan ke Singapura dan menikmati berbagai acara dan atraksi menarik di Singapura. 

"Pertumbuhan ini membuktikan bahwa pendekatan quality tourism dan upaya diversifikasi pasar ke kota-kota di luar Jakarta telah membuahkan hasil. Kami akan terus memberikan yang terbaik meski mengalami tantangan di awal 2020,” ungkap Jolene Goh, Area Director STB Indonesia (Surabaya). " tambah Jolene Goh. 

11 dari 15 negara yang menjadi sumber utama wisatawan Singapura mencatat angka pertumbuhan kunjungan wisatawan pada 2019, dengan sembilan pasar di antaranya – Indonesia, Tiongkok, Australia, Filipina, Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Vietnam, dan Jerman – mencatat rekor kunjungan wisatawan yang tinggi. 

STB juga memiliki beberapa kegiatan di Indonesia yang memastikan warga Indonesia terus mendapatkan informasi tentang acara dan kegiatan terkini di Singapura.   by