Mengenal Kelebihan Terapi TENS Untuk Meredakan Nyeri

Jumat, 06 Sep 2019 | 18.00 WIB

Mengenal Kelebihan Terapi TENS Untuk Meredakan Nyeri

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Rasa nyeri dapat mengganggu istirahat, pekerjaan, aktivitas rutin, bahkan mengacaukan momen penting bersama keluarga dan teman.  

Perawatan nyeri dapat diklasifikasikan dalam perawatan non-medis atau medis. Perawatan medis menggunakan obat-obatan atau suplemen untuk mengurangi rasa sakit (analgesik). Namun, ada yang memilih cara alami tanpa obat-obatan untuk meredakan rasa sakit, seperti peregangan, aplikasi panas atau es. 

“Secara sederhana, pain management adalah metode-metode untuk mencegah, mengurangi, dan menghentikan sensasi nyeri. Ada dua metode yang bisa dipakai baik melalui penggunaan obat-obatan (analgesik) dan Fisioterapi”. Ujar Moh. Ali Imron, Ketua Umum Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI).

Sementara ada juga yang mencari pengobatan alternatif seperti akupunktur, akupresur, chiropraktik, dan pijat, serta terapi yang melibatkan perangkat elektronik seperti TENS atau Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation.  Terapi TENS dipusatkan pada alat canggih yang dioperasikan dengan baterai untuk menghasilkan arus listrik bertegangan rendah dan elektroda yang direkatkan pada kulit. Pengguna akan merasakan sensasi kesemutan di titik tersebut.

Arus listrik akan meredakan rasa sakit melalui sinyal yang dikirim ke sumsum tulang belakang dan otak. Rasa nyeri akan berkurang dan otot-otot pengguna lebih rileks. Ada kemungkinan mesin ini juga merangsang produksi endorfin, pereda rasa sakit alami dalam tubuh manusia.

TENS dapat membantu meredakan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi, seperti   radang sendi, nyeri haid, dan nyeri panggul yang disebabkan oleh endometriosis, nyeri lutut, sakit leher, sakit punggung, cedera olahraga dan terkadang mengurangi nyeri persalinan. Meskipun seberapa baik mesin bekerja akan tergantung pada kondisi individual. 

“Pengguna dapat memperoleh alat ini secara bebas, namun akan lebih baik bila berkonsultasi terlebih dulu dengan Dokter atau Fisioterapis sebelum menggunakannya. TENS sangat bermanfaat bagi dunia yang bergerak cepat seperti saat ini karena mudah digunakan dan bebas kapanpun diaplikasikan, di mana pun, dan oleh siapa pun,” kata Moh. Ali Imron. by