Amazon Siapkan Sidewalk, Perangkat Penyambung Sinyal WIFI

Senin, 30 Sep 2019 | 12.00 WIB

Amazon Siapkan Sidewalk, Perangkat Penyambung Sinyal WIFI

Amazon Sidewalk (Amazon)


Centroone.com - Dengan era teknologi  sekarang ini, koneksi ke internet jadi salah satu kebutuhan utama.

Apalagi dengan Internet of Thing sudah semakin menyebar, kebanyakan manusia sudah tidak bisa lepas dari koneksi internet. Namun kebanyakan, koneksi internet utama masih tergantung pada wifi rumah atau kantor. 

Amazon punya alternatif solusi lewat perangkat bernama Sidewalk. Perangkat ini didesain untuk menjaga daya rendah, perangkat dengan bandwidth rendah terhubung meskipun jauh dari router atau koneksi Wifi menggunakan spektrum 900 MHz.

Dilansir dari Engadget - Jaringan ini akan memungkinkan pengembang untuk membangun produk baru yang dapat ditempatkan lebih jauh dari jangkauan sinyal Wifi utama. Amazon memberi contoh - untuk mengatur sensor air tetap menyala padam, atau perangkat kotak surat untuk memberi tahu  pengguna saat ada surat. 

Amazon juga akan memperkenalkan Ring Fetch, yang merupakan pelacak anjing yang akan mengingatkan pemilik jika anjing meninggalkan wilayah yang telah diatur.

Tidak banyak detail tentang bagaimana Amazon Sidewalk akan bekerja, tetapi dengan  popularitas perangkat IoT bisa menjadikannya sebagai tambahan berharga bagi ekosistem rumah pintar, terutama untuk rumah dengan jangkauan WiFi terbatas. by