MEDSPIN 2019 Digelar, Juara 1 Diterima Masuk FK Unair Tanpa Tes

Selasa, 24 Sep 2019 | 09.00 WIB

MEDSPIN 2019 Digelar, Juara 1 Diterima Masuk FK Unair Tanpa Tes

Konferensi pers MEDSPIN 2019 (Centroone)


Centroone.com - Ajang olimpiade sains dan kedokteran tahunan dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) tahun ini kembali digelar.  Untuk tahun ini, International Medical Science and Application Competition (MEDSPIN) 2019 bakal dihelat pada 3 November 2019 nanti.  Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, juara MEDSPIN 2019 bakal mendapat hadiah istimewa. 

Dekan FK Unair, Prof Soetojo mengungkapkan juara satu dari MEDSPIN 2019 akan diterima langsung sebagai mahasiswa FK Unair, tanpa tes.  Mengusung tema “Be A Medical Hero " MEDSPIN 2019 tidak hanya memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMA dan sederajat untuk mengasah kemampuan di bidang sains dan medis, desain dan kemampuan sosialisasi tapi juga menjadi wadah untuk lebih mengetahui tentang perkuliahan di FK Unair.

" Diikuti semua anak SMA di Indonesia. Tahun ini juara 1 akan diterima akan sebagai FK Unair tanpa tes.  Tahun lalu juara diterima namun dengan pertimbangan, namun tahun ini langsung diterima. Peserta MEDSPIN telah terbukti kualitasnya. " ungkap Dekan FK Unair, Prof Soetojo, Senin, (23/09/2019). 

MEDSPIN 2019 terdiri atas 6 babak, yaitu babak penyisihan, quarter final, semi final, babak revival, babak final, dan grand final. Babak penyisihan dilaksanakan di 27 kota di Indonesia dan secara online di 34 provinsi di seluruh Indonesia serta di negara-negara ASEAN.   

Nantinya sebanyak 150 tim yang lolos dari babak penyisihan akan diundang ke Surabaya untuk putaran Final. Pelaksanaan babak ini dilakukan dengan cukup unik yaitu dalam bentuk “ Essay Rally ”, dimana peserta akan mengerjakan soal di 30 pos yang tersebar di seluruh wilayah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam durasi waktu selama 150 menit. 

Bagi para guru pcndamping peserta lomba akan diadakan Seminar Guru. Selain itu, peserta juga dapat mengenal lebih dalam tentang dunia kedokteran dengan mengikuti Tour de Campus FK Unair dan belajar anatomi dasar di ruang praktikum.   by