Gus Hans : Kunci Smart City Adalah Integrity

Kamis, 12 Sep 2019 | 17.00 WIB

Gus Hans : Kunci Smart City Adalah Integrity

tokoh muda Surabaya, Zahrul Azhar yang akrab disapa Gus Hans (centroone)


Centroone.com - Penerapan solusi smart city belakangan jadi salah satu cara pemerintah,  terutama di daerah untuk meningkatkan layanan dan kepercayaan masyarakat serta meningkatkan produktivitas.

Menurut tokoh muda Surabaya, Zahrul Azhar, kunci utama dari smart city adalah integrity (keutuhan)

‚Äč"Fungsi dari smart city adalah mengintegrasikan kepentingan dan keperluan- dengan tujuannya  memudahkan layanan pada masyarakat. Jadi bukan sekedar kantor pakai absen sidik jari, itu masih hanya platform dan masih jauh dari smart city.  Ketika lurah sudah  terkoneksi ke masyarakat serta - memantau masyarakat yang kurang makannya atau sekolahnya telat dengan baik. Itu baru smart city. " ujar pria yang akrab disapa Gus Hans ini, Kamis, (12/09/2019).

Pria yang juga Presiden Football for Peace Interfaith Indonesia tersebut menambahkan dalam smart city - terangkum sejumlah unsur smart lain, salah satunya smart people -yang dibangun lewat SDM yang kuat dan berkarakter.  Hal itu bisa dilakukan dengan tetap menghormati budaya yang ada serta mengenalkannya kepada generasi muda.

"Para pelaku budaya harus dioptimalkan perannya untuk bisa berkreasi di mana saja. Selama ini kita banyak prestasi di olahraga, tapi di seni - budaya kurang. cara teknisnya adalah perbanyak lomba-lomba atau kegiatan yang mengajak masyarakat mengenal budaya kita" ujar Gus Hans lagi.

integrity - masih menurut Gus Hans bisa membantu mengembangkan salah satu potensi kota Surabaya di bidang health tourism.  Menurut Gus Hans - Surabaya memiliki banyak dokter hebat serta alat-alat tidak kalah dari luar negeri. Jika semua unsur yang ada terintegrasi atau disatukan, maka Surabaya bisa jadi pusat health tourism Asean.

"Jika  melihat pameran wisata, Kota Surabaya masih menjadi pasar, bukan destinasi. Penting untuk mengintegrasikan semua pihak yang ada di surabaya mulai dari dinas kesehatan, rumah sakit, perhotelan serta infrastruktur. Jika semua berjalan baik, insyaallah bisa terjadi.   Kuncinya adalah kerjasama baik dengan pihak swasta.  Jika swasta tidak dilibatkan dengan baik, maka akan jalan sendiri-sendiri. "  tutur Gus Hans menegaskan.  by