Cek Status Ponsel? Cek Nomor IMEI di Situs Ini

Rabu, 07 Ags 2019 | 18.00 WIB

Cek Status Ponsel? Cek Nomor IMEI di Situs Ini

situs untuk cek nomor IMEI (kemenperin)


Centroone.com - Untuk menekan peredaran ponsel ilegal - pertengahan Agustus nanti, tiga kementrian yakni  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan meresmikan aturan pemblokiran smartphone ilegal lewat validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). 

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor desimal unik yang diperlukan untuk mengidentifikasi alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

Untuk memudahkan masyarakat memeriksa status ponsel yang digunakan, Kemenperin telah membuka situs khusus.  Lewat situs ini, masyarakat bisa mengecek status IMEI ponsel yang digunakan, apakah resmi atau ponsel BM (black market).  

Melalui situs yang beralamat di https://imei.kemenperin.go.id/ tersebut, masyarakat bisa memasukkan nomor IMEI dari ponsel masing-masing. Nantinya jika status IMEI terdaftar maka notifikasi yang muncul adalah " IMEI terdaftar di database Kemenperin"  sementara jika tidak terdaftar maka notifikasi yang muncul adalah " IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin"  

Validasi IMEI sendiri didukung Sistem Informasi Basisdata IMEI Nasional (SIBINA), yang saat ini sedang disiapkan. Sistem ini menampung lima jenis data IMEI yakni dari  TPP Impor dan TPP Produksi, yang merupakan data IMEI milik Kemenperin yang masing-masing disampaikan oleh importir resmi dan produsen yang memproduksi ponselnya di Indonesia. 

Lalu ketiga - data dump operator seluler yaitu data IMEI milik para operator dari ponsel yang pernah atau masih menggunakan kartu SIM. Dan yang keempat serta kelima, adalah IMEI dari ponsel yang dibawa dari luar negeri (hand carry) dan stok pedagang.   bbs