Ban Masa Depan Anti Kempes-Anti Bocor

Sabtu, 31 Ags 2019 | 17.00 WIB

Ban Masa Depan Anti Kempes-Anti Bocor

ban masa depan anti kempes anti bocor (GeneralMotors)


Centroone.com - Kehadiran ban tubeless banyak membantu pengguna kendaraan motor di masa kini. Di masa depan, dengan teknologi kendaraan makin maju - ban turut memiliki peranan penting. Karena itu teknologi ban juga turut ditingkatkan. 

Beberapa waktu lalu GM (general Motors) dan Michelin telah memperkenalkan prototipe UPTIS (Unique Puncture-Proof Tire System), ban tanpa udara untuk mobil penumpang.  

Berbeda ban tanpa udara lainnya yang muncul beberapa tahun yang lalu, UPTIS menggunakan bahan  campuran karet komposit dan resin yang kemudian dibenamkan di lapisan fiberglass . 

Meski secara visual tidak menarik seperti ban konvensional, tetapi Michelin mengklaim itu sama nyamannya dan dibuat untuk penggunaan jalan raya.  Selain itu meski tidak sepenuhnya memiliki daya tahan seperti ban konvesional namun ban ini bisa bebas dari masalah ban bocor, ban kempes, ataupun karetnya habis. 

Dilansir dari situs resmi mereka - GM dan Michelin melihat ini sebagai sangat penting untuk masa depan di mana mobil listrik dan self-driving adalah hal yang biasa. Teknologi tanpa udara mengurangi kebutuhan akan produksi ban yang berbahaya bagi lingkungan, dan menghilangkan kebutuhan akan ban cadangan yang menambah bobot dan mengecilkan ekonomi bahan bakar.  by