Hari Ini, 50 Anggota DPRD Kota Surabaya Resmi Dilantik

Sabtu, 24 Ags 2019 | 15.56 WIB

Hari Ini, 50 Anggota DPRD Kota Surabaya Resmi Dilantik

Pelantikan anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024. (Windhi/centroone)


Centroone.com - Tepat pukul 09.00, pelantikan 50 anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024, digelar di lantai 3 gedung DPRD Kota Surabaya. Pelantikan yang sedianya dilakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, diwakilkan ke Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

Sebelumnya, pada rapat paripurna DPRD Kota Surabaya dengan acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kota Surabaya masa jabatan 2019-2024 pada Sabtu (24/8/2019), diawali dengan ucapan dan sambutan terima kasih atas kinerja anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 oleh Ketua DPRD yang lama, Ir Armudji. Saat itu, Armudji yang didampingi Wakil Ketua Masduki Toha mengingatkan kepada anggota dewan lama melalui beberapa 'parikan' agar bekerja di jalan lurus dan selalu mengacu aturan yang ada.



"Cak Iwan wetenge murus, nang Sembayat dikon ngeduk sumur, jadi dewan kudu sing lurus, supoyo rakyat uripe kudu makmur. Tuku bakwan nang kuto Pati, golek dawet nang Pamekasan, dadi dewan kudu sing ati-ati, supaya slamet sampai pungkasan," ujar Armudji disambut tepuk tangan.

Dia juga mengingatkan agar anggota dewan yang baru tak gelap mata, karena jika khilaf dan melanggar aturan, maka akan berurusan dengan KPK atau hukum.

Usai sambutan, saat itu ditunjuklah Ketua Dewan Sementara yakni Adi Sutarwijono dari Fraksi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua Sementara Laila Mufidah dari Fraksi PKB. Saat itu Adi Sutarwijono membacakan sambutannya dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh anggota dewan baru. Dia juga mengingatkan agar bekerja dengan hati-hati dan selalu bekerja sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membacakan amanat dari gubernur Jatim. Amanat sekaligus tanda pelantikan itu juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh anggota dewan yang baru.

‚Äč


Selanjutnya saat pelantikan, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya membacakan janji/sumpah anggota dewan periode 2019-2024 kepada perwakilan anggota. Sumpah itu dibacakan sesuai agama anggota dewan.

Pada pelantikan itu hadir seluruh Forum Pimpinan Daerah Kota Surabaya, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, dua Komisioner KPU Surabaya Subairi dan Soeprayitno serta keluarga anggota dewan yang baru. Para pendukung anggota dewan yang baru juga hadir sehingga gedung dewan itu penuh. Bahkan dukungan para pendukung itu juga dilakukan dengan berbagai gaya. Seperti pendukung Tri Didik Adiono yang mengaraknya dengan rombongan becak. (windhi/adv)