Ini Alasan Google Ubah Kebiasaan Penamaan Android

Jumat, 23 Ags 2019 | 19.00 WIB

Ini Alasan Google Ubah Kebiasaan Penamaan Android

Android 10 (Google)


Centroone.com - Sejak pertama kali hadir dalam versi Android 1.5 (Cupcake) sampai yang terakhir Android Pie (Android 9) Google selalu menggunakan nama permen atau makanan manis sebagai nama sistem operasi mobile mereka. Jelang kehadirannya Android Q, Google memutuskan untuk memberikan nama baru untuk OS Android. 

Kedepan, Android tidak akan lagi menggunakan makanan manis, melainkan hanya akan disebut sebagai Android 10.    Menurut Google perubahan ini perlu karena dengan 2,5 miliar perangkat aktif memakai Android, ekosistem Android berkembang di luar ponsel ke tablet, mobil, jam tangan, TV, dan perangkat lainnya. 

"Kami selalu menggunakan nama kode internal untuk setiap versi, berdasarkan dari makanan manis, atau makanan penutup, dalam urutan abjad. Tradisi penamaan ini telah menjadi bagian yang menyenangkan dari rilis setiap tahun juga secara eksternal. Tetapi kami telah mendengar umpan balik selama bertahun-tahun bahwa nama-nama itu tidak selalu dipahami oleh semua orang di komunitas global. Misalnya, L dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. " tukas Google dalam sebuah pernyataan di blog resmi mereka. 

Nama berdasarkan makanan manis itu, menurut Google juga lebih sulit dipahami bagi pengguna Android baru, yang tidak terbiasa dengan, untuk memahami apakah ponsel mereka menjalankan versi terbaru. " Kita juga tahu bahwa pai bukan makanan penutup di beberapa tempat, dan bahwa marshmallow, meskipun lezat, bukan suguhan yang populer di banyak bagian dunia." tambah Google. 

Google secara resmi mulai menggunakan logo yang diperbarui dalam beberapa minggu mendatang lewat rilis final Android 10. by