Google Ubah Kebiasaan, Android Q Dinamai Android 10

Jumat, 23 Ags 2019 | 15.00 WIB

Google Ubah Kebiasaan, Android Q Dinamai Android 10

Android 10 (Google)


Centroone.com - Sejak pertama kali hadir dalam versi Android 1.5 (Cupcake) sampai yang terakhir Android Pie (Android 9) Google selalu menggunakan nama permen atau makanan manis sebagai nama sistem operasi mobile mereka. Jelang kehadirannya Android Q, Google memutuskan untuk memberikan nama baru untuk OS Android. 

Kedepan, Android tidak akan lagi menggunakan makanan manis, melainkan hanya akan disebut sebagai Android 10.  " Dengan 2,5 miliar perangkat (Android) aktif, sudah waktunya untuk melakukan perubahan ini.  " ujar Google dalam sebuah pernyataan. 

Tidak hanya perubahan nama, Google juga melakukan perombakan pada logo dan warna merek Android. Robot Android - kini tampil lebih sederhana dengan huruf Android tercetak berwarna hitam. 

" Ini adalah perubahan kecil, tetapi kami menemukan hijau sulit dibaca, terutama untuk orang dengan gangguan penglihatan. Logo (Android) sering dipasangkan dengan warna yang membuatnya sulit untuk dilihat - jadi kami datang dengan serangkaian kombinasi warna baru yang meningkatkan kontras." ujar Google. 

Sementara itu Sameer Samat, wakil presiden manajemen produk untuk Android,   mengatakan bahwa penggunaan nama makanan manis tidak akan berhenti bagi pengembang Android , karena nama tersebut masih akan digunakan dalam pengembangan sistem operasi pengujian mereka, di mana mereka telah memilih nama untuk "Android R". 

Google secara resmi mulai menggunakan logo yang diperbarui dalam beberapa minggu mendatang lewat rilis final Android 10. by