Katy Perry Dkk Diwajibkan Bayar Denda Rp 39 Miliar

Kamis, 22 Ags 2019 | 15.00 WIB

Katy Perry Dkk Diwajibkan Bayar Denda Rp 39 Miliar

Katy Perry (InstagramKaty Perry)


Centroone.com - Sejumlah pihak yang terlibat dalam pembuatan lagu populer Katy Perry, Dark Horse divonis denda  besar oleh pengadilan. 

Seperti diketahui akhir Juli lalu, pengadilan memutuskan lagu tersebut merupakan karya jiplakan dari lagu " Joyful Noise "  milik rapper Flame.  Katy Perry dkk diperintahkan membayar denda USD 2,78 juta atau sekitar Rp 39,4 miliar

Menurut Billboard, pada putusan akhir Juli lalu mereka yang bertanggung jawab di balik  'Dark Horse' Perry: yaitu, produsen Dr. Luke, Max Martin dan Cirkut,  bintang tamu Juicy J, dan penulis lagu Sarah Hudson. Capitol Records, Warner Bros. Music Corporation, Kobalt Publishing, dan Kasz Money Inc. juga bersalah.

Capitol Records disebut bertanggung jawab atas pembayaran USD 2,78 juta tersebut. Penggugat mengklaim lagu "Dark Horse" menghasilkan untung US $ 31 juta. Keuntungan tersebut termasuk dari produksi single serta album dan DVD. Tetapi Capitol membantahnya, mengklaim laba bersih hanya $ 650.000 setelah dikurangi biaya promosi dan lainnya.

Flame, alias Marcus Grey, pembuat beat Chike Ojuwku dan co-writer 'Joyful Noise' Emanuel Lambert telah menggugat Perry dan rekan-rekannya pada tahun 2014, mengklaim 'Dark Horse' telah menggunakan beat lagu mereka tanpa izin.  bbs