Peneliti Temukan 3 Titik Lubang Keamanan di WhatsApp

Rabu, 21 Ags 2019 | 06.00 WIB

Peneliti Temukan 3 Titik Lubang Keamanan di WhatsApp

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Salah satu alasan WhatsApp jadi pilihan pengguna smartphone selama ini adalah fitur sistem enkripsi ujung-ke-ujungnya yang memastikan bahwa pesan yang dikirim tidak dapat diintip dan dibaca oleh siapa pun, termasuk WhatsApp. 

Namun Check Point beberapa saat lalu, menemukan adanya tiga keretanan yang mempengaruhi sistem enkripsi tersebut.   Dilaporkan Phone Arena bug atau celah itu bisa  disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk membaca pesan yang dikirim lewat WhatsApp.

Menurut Check Point, pihak tidak bertanggung jawab  tidak hanya bisa membaca pesan walau pun pesan tersebut sudah dienkripsi end-to-end, tapi, juga dapat mengubah pesan tersebut.

Check Point juga menemukan bahwa pihak tidak bertanggung jawab  bisa membajak akun WhatsApp seseorang, serta dapat mengirim pesan dengan akun asli tersebut.

Terakhir, Check Point menyebut celah keamanan di WhatsApp juga bisa digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk menyamarkan pesan publik menjadi pesan pribadi. Penerima pesan mengira jawaban yang dia berikan bersifat pribadi, padahal pesan tersebut bisa dilihat oleh orang lain.

WhatsApp telah merilis pernyataan resmi yang menyatakan bahwa mereka telah meneliti masalah ini dengan hati-hati setahun yang lalu dan tidak benar untuk mengatakan bahwa ada celah dengan sistem keamanan yang digunakan.  bbs