Masalah Baterai, Macbook Pro 15 Dilarang Dibawa Masuk Pesawat

Selasa, 20 Ags 2019 | 17.00 WIB

Masalah Baterai, Macbook Pro 15 Dilarang Dibawa Masuk Pesawat

Macbook Pro 15 (Apple)


Centroone.com - Bulan Juni lalu, Apple mengumumkan penarikan  dari beberapa model lama laptop MacBook Pro. 

"recall" dilakukan  untuk laptop MacBook Pro Retina Display 15 inci yang dijual mulai  September 2015 dan Februari 2017.  Hal itu dilakukan karena menurut Apple laptop tersebut memiliki masalah baterai yang berisiko menjadi panas dan terbakar.

Belakangan, seperti dilaporkan Bloomberg - semua model MacBook Pro 15 yang terdampak dilarang masuk ke pesawat oleh FAA. Larangan tersebut mencekal MacBook Pro 15 masuk ruang kargo serta kabin pesawat. Arahan FAA ini mengikuti perintah larangan serupa yang dikeluarkan oleh Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa awal bulan ini.

Di Amerika Utara sendiri setidaknya lebih dari 450.000 MacBook Pro 15 yang perlu ditarik kembali setelah risiko kebakaran baterai ditemukan. Larangan ini mirip dengan apa yang terjadi pada Galaxy Note 7 setelah masalah baterai meledak secara acak dan instruksi panggilan balik produk Samsung.

"Karena keamanan pelanggan adalah prioritas utama, Apple meminta pelanggan untuk berhenti menggunakan unit MacBook Pro 15 inci yang terpengaruh," kata Apple beberapa waktu lalu.

Apple mengatakan penarikan itu tidak mempengaruhi unit MacBook Pro 15 inci lainnya atau notebook Mac lainnya. Pelanggan dapat memasukkan nomor seri MacBook mereka pada halaman dukungan Apple untuk mengecek laptop mereka terdampak atau tidak.  

Jika laptop terdampak,  Apple akan melakukan penggantian baterai yang membutuhkan waktu hingga 2 minggu tanpa pungutan biaya tambahan atau gratis.  by