Targetkan 150 juta pengguna, Apa Yang Baru di EMUI 10 ?

Senin, 19 Ags 2019 | 16.00 WIB

Targetkan 150 juta pengguna, Apa Yang Baru di EMUI 10 ?

EMUI 10 (Huawei)


Centroone.com - Dalam ajang Huawei Developer Conference yang diadakan akhir pekan lalu, Huawei meluncurkan HarmonyOS - sistem operasi terdistribusi-mikro baru yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang kohesif di semua perangkat dan kebutuhannya. 

Selain memperkenalkan Harmony OS, Huawei juga turut mengumumkan versi terbaru dari antarmuka EMUI, EMUI 10.  Seperti yang diketahui, EMUI diberi nama sama dengan basis  Android yang digunakan. EMUI 10 sendiri didasarkan pada Android 10, yaitu Android Q.

EMUI10 memberikan tiga pembaharuan: desain UX, pengalaman terbaik untuk semua skenario, dan standar baru untuk operasional .EMUI10 menambah moda gelap untuk memberikan visual yang lebih nyaman. Riset faktor manusia mengungkapkan bahwa tingkat keterangan dan saturasi warna berbeda-beda tergantung latar belakangnya gelap atau terang. Mode gelap mengoptimalkan kedua kontras warna di antara teks dan latar belakang gelap, serta warna teks dan ikon sistem. 

Beberapa tahun ini, Huawei berinvestasi cukup banyak untuk riset dan pengembangan EMUI agar dapat terus meningkatkan performa sistem. Teknologi GPU Turbo telah meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis hingga sejumlah 60%, sementara teknologi agregasi jaringan Link Turbo memungkinkan smartphone untuk mengakses banyak jaringan, seperti 4G dan WiFi untuk kecepatan 70% lebih tinggi dibanding hanya menggunakan 4G. Inovasi lain seperti EROFS super file system meningkatkan tingkat random read Android sebanyak 20%, dan juga Ark Compiler juga menghaluskan aplikasi pihak ketiga sebanyak 60%.

Menurut Huawei - EMUI10 mengadopsi teknologi terdistribusi yang revolusioner untuk mendukung video call resolusi HD antar banyak perangkat. Pengguna bisa melakukan panggilan audio dan video kapan pun dan di mana pun. Jika ada panggilan masuk, pengguna bisa memilih untuk menjawab menggunakan smart speaker. Atau jika pengguna sedang video call, mereka bisa menjawab melalui TV, perangkat di kendaraan, atau bahkan mengirimkan video feed secara real-time dari drone, agar teman-teman dan keluarga bisa menikmati pemandangan yang indah.  

Dari sisi pengembang, EMUI menyediakan kerangka kerja UI programming yang terdistribusi dan memvirtualisasikan kemampuan perangkat keras. Hasilnya, pengembang bisa menciptakan aplikasi untuk banyak perangkat tanpa perlu beradaptasi untuk program yang sama.

Pada saat ini, Huawei EMUI telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif harian di 216 negara dan mendukung 77 bahasa. Huawei menargetkan jumlah pengguna yang akan mengupgrade perangkat menjadi EMUI10 bisa mencapai 150 juta pengguna. by