Mengenal Manfaat Gizi-Nutrisi Dari Ikan Tilapia

Selasa, 23 Jul 2019 | 14.00 WIB

Mengenal Manfaat Gizi-Nutrisi Dari Ikan Tilapia

ikan Tilapia (egalspringscoid)



Centroone.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil ikan terbesar dunia. Dr. Dase Hunaefi, pakar bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan ikan sangat cocok bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Sebab ikan mengandung gizi yang baik dan berimbang di mana ikan mengandung asam lemak esensial dan protein tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak.

Protein akan membantu meregenerasi sel dan untuk pertumbuhan sel anak. “Dalam rangka Hari Anak tahun ini, kami ingin berkontribusi pada upaya pemenuhan gizi anak-anak kita dengan menghadirkan bagi konsumen di Indonesia pilihan ikan air tawar yang sehat dan penuh gizi dan nutrisi, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia,” tutur Yeri Afrizon, Head of Sales & Marketing, Regal Springs Indonesia. 

Adapun asam lemak esensial sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan sel otak anak. Kandungan mineral ikan sangat membantu fungsi faal tubuh agar bekerja dalam pertumbuhan dengan sangat baik, contohnya kalsium dan magnesium, yang penting untuk tulang anak anak. Sedangkan vitamin yang ada dalam ikan sangat penting pemeliharaan kesehatan tubuh dan fungsi fungsi biokimia tubuh anak. 

Ikan air tawar tak kalah bernutrisi dibandingkan ikan air laut. Bahkan, ikan air tawar seperti ikan tilapia, justru mengandung omega 3 dan omega 6 yang seimbang dan mencukupi kebutuhan gizi bagi anak anak.  

" per sajian 100gram ikan tilapia menghasilkan 110 kkal. Kontribusi gizi ikan tilapia terhadap angka kecukupan gizi (AKG):  Lemak dan Asam lemak esensial 0,5 g= 1% AKG; protein yang sangat tinggi 20 gram = 34% AKG; karbohidrat total 6 gram = 2% AKG; Natrium 25 mg = 2% AKG; Kalium 340 mg = 7% AKG; Vitamin D 230 % AKG; dan Kalsium = 10% AKG." tambah Dr. Dase Hunaefi. 

Ikan tilapia Regal Springs Indonesia dibudidayakan secara berkelanjutan di perairan air tawar di danau Toba dan di Jawa Tengah dengan kualitas air yang sangat baik, serta diberi pakan yang bebas bahan kimia, pengawet, dan antibiotik, sehingga menghasilkan ikan kelas premium yang sehat dan bebas bau tanah atau lumpur.  

“Sebab ikan tilapia kami adalah hasil dari budidaya dan pengolahan yang telah memenuhi semua standar regulasi lokal, nasional dan internasional, serta standar sertifikasi teratas di dunia.” tambah Yeri Afrizon.  by