Arswendo Atmowiloto, Penulis Keluarga Cemara Tutup Usia

Sabtu, 20 Jul 2019 | 14.00 WIB

Arswendo Atmowiloto, Penulis Keluarga Cemara Tutup Usia

Almarhum Arswendo Atmowiloto semasa hidup (Twitter)



Centroone.com - Indonesia kehilangan salah satu seniman legendaris.  Arswendo Atmowiloto - yang selama ini juga dikenal sebagai sastrawan dan budayawan tutup usia pada umur 70 tahun, Jumat, (19/07/2019). 

Pria yang lahir di Surakarta pada 26 November 1948 itu menurut keluarga sudah lama sakit.  Setahun terakhir Arswendo menderita kanker kandung kemih. Arswendo menghembuskan nafas terakhir di rumah keluarga di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Arswendo dimakamkan, Sabtu, (20/07/2019) di kompleks pemakaman San Diego Hills, Karawang.  Sepanjang karirnya, Arswendo yang juga seorang wartawan - aktif menulis cerpen, novel, naskah drama, dan skenario film.   Ia juga pernah menjadi pemimpin redaksi Hai, Monitor, dan Senang.

Ketika memimpin Monitor, Arswendo pernah terseret kasus penistaan agama dan dijebloskan penjara selama lima tahun. Kasus itu sendiri bermula saat dalam sebuah survei yang digelar Tabloid Monitor - Arswendo berada di setingkat di atas Nabi Muhammad dalam daftar tokoh pembaca. 

Salah satu karya terbesar dan sekaligu terpopuler Arswendo  adalah cerita bersambung Keluarga Cemara - yang kemudian menjadi sinetron sepanjang 412 episode (1996-2005), dan juga film (2019).  Sinetron lain yang termasuk karyanya adalah sinetron laga Deru Debu yang dibintangi Willy Dozan serta  Jalan Makin Membara  yang dibintangi Dede Yusuf. 

Arswendo juga banyak meraih penghargaan Sastra baik tingkat nasional maupun Asia.  Dari pernikahan dengan Agnes Sri Hartini, Arswendo memiliki 3 anak.  bbs