Siap Rampungkan Pemindahan Utilitas Selama Seminggu

Kamis, 18 Jul 2019 | 01.00 WIB

Siap Rampungkan Pemindahan Utilitas Selama Seminggu

Pengecekan jaringan utilitas untuk pemindahannya. (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Pemkot Surabaya telah merampungkan pengerjaan Pile Integrity Test (PIT) sisi Barat dan Timur Jl Yos Sudarso untuk pengerjaan basement alun-alun Suroboyo. Kini pengerjaan lanjutan untuk  tahap pemindahan jaringan utilitas di bawah jalan tersebut tengah dilakukan Pemkot Surabaya. Ditargetkan pengerjaan ini rampung seminggu.

Pemindahan utilitas itu melibatkan pihak-pihak terkait yang mempunyai jaringan di bawah Yos Sudarso. Disampaikan Kepala Seksi Perencanaan Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Harindrayana, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, berkaitan dengan rencana pemindahan jaringan utilitas untuk pengerjaan basemen alun-alun Suroboyo.

“Karena di bawah Yos Sudarso ada beberapa jaringan utilitas, maka dari itu kita sebelumnya lakukan koordinasi bersama pihak yang memiliki jaringan di bawah jalan itu,” kata Harin, sapaan akrabnya saat meninjau jaringan utilitas di sisi timur Yos Sudarso, Rabu (17/7/2019).

Dia menjelaskan, selain melakukan koordinasi, Pemkot Surabaya juga mengundang pihak-pihak terkait untuk bersama-sama melakukan tinjauan ke lokasi yang berada di sisi timur Yos Sudarso. Tinjauan bersama itu dilakukan untuk memastikan jenis apa saja jaringan yang ada di bawah jalan tersebut. “Karena bagaimanapun juga nanti ada dampaknya, karena di sisi timur ini nanti akan dipakai jalur untuk utilitas,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, dari hasil tinjauan bersama itu, pada jalur pedestrian sisi timur Yos Sudarso ditemukan beberapa jaringan utilitas. Yakni, jaringan PLN, Kominfo dan beberapa provider.

Sementara di tengah Yos Sudarso, terdapat pipa PDAM diameter 80 cm dan pipa PGN diameter 15 cm. “Kita masih lihat dulu, kalau panjangnya mencukupi akan langsung kita geser, tapi kalau tidak mencukupi maka kita potong dan disambung lagi untuk digeser,” katanya.

Kendati demikian, kata Harin, Pemkot Surabaya akan kembali mengundang pihak-pihak terkait untuk memutuskan solusi bersama terkait rencana pemindahan beberapa jaringan utilitas itu. “Nanti kita undang lagi untuk memastikan apakah nanti itu dipindahnya cukup digeser atau apakah nanti dipotong kemudian disambung lagi,” jelasnya.

Pihaknya memastikan, pemindahan semua jaringan utilitas di bawah Yos Sudarso ditarget rampung dalam satu minggu ke depan. Saat ini, Pemkot Surabaya bersama pihak-pihak terkait sedang menyiapkan solusi terbaik untuk rencana pemindahan jaringan utilitas tersebut.

“Hari ini kita libatkan semua provider yang terkait, termasuk Satlantas Polrestabes Surabaya berkaitan dengan rekayasa lalu lintas nantinya, Kejaksaan, Polsek Genteng dan Satpol PP,” pungkasnya. (windhi/by)