Atasi Kebakaran, Warga Diharapkan Turut Berperan Jadi Pemadam

Rabu, 10 Jul 2019 | 22.00 WIB

Atasi Kebakaran, Warga Diharapkan Turut Berperan Jadi Pemadam

Wali Kota Tri Rismaharini saat meninjau lokasi kebakaran. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Dugaan sementara peristiwa kebakaran di Margorukun, Bubutan, akibat LPG meledak. Namun peristiwa itu mampu ditangani Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya.

Disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMK Kota Surabaya Irvan Widyanto menjelaskan, titik kebakaran itu berawal dari sebuah rumah penjual pangsit mie yang kompornya meledak. Di tempat itu, juga terdapat banyak LPG, sehingga kompor ngebros itu menjalar ke LPG lainnya dan terlempar ke atas, sehingga terjadi banyak ledakan.

“Karena saat ini memang musim kemarau, akhirnya api cepat menjalar ke rumah-rumah di sekitarnya,” kata Irvan.

Api itu melahap 16 rumah yang ditempati 42 KK. Dalam peristiwa kebakaran ini, Dinas PMK Surabaya menerjunkan 20 unit mobil kebakaran. Namun, karena posisinya permukiman padat penduduk dan sulit dijangkau, serta mobil PMK tidak bisa masuk, akhirnya PMK menggelar selang hingga sepanjang 200 meter lebih.

Untungnya, api cepat teratasi karena bantuan dari warga sekitar yang ikut bergotong-royong membantu memadamkan api. Oleh karena itu, Irvan memastikan akan terus mengintensifkan simulasi pemadam kebakaran supaya warga ikut membantu memadamkan api apabila terjadi kebakaran di sekitarnya. “Bagi saya, warga adalah juru padam yang sesungguhnya,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Irvan juga mengimbau kepada warga apabila ada kejadian seperti itu, semua kendaraan seperti mobil dan kendaran lainnya bisa dipinggirkan supaya mobil pemadam kebakaran bisa mudah masuk. Bahkan, apabila ada gapura dan bangunan di atas jalan, dia sangat berharap dibongkar dengan swadaya dan kesadaran warga sendiri.

“Sekali lagi saya mohon dengan hormat kepada seluruh warga, apabila ada gapura yang sekitaranya mobil PMK tidak bisa masuk, diharapkan untuk dilakukan pembongkaran secara swadaya,” pungkasnya. (windhi/by)