Festival Pesona Mentawai 2019 Digelar Meriah Akhir Pekan Ini

Sabtu, 29 Jun 2019 | 10.01 WIB

Festival Pesona Mentawai 2019 Digelar Meriah Akhir Pekan Ini

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyambut perhelatan Festival Pesona Mentawai 2019 (ist)


Centroone.com - Perhelatan Festival Pesona Mentawai kembali digelar. Untuk perhelatan tahun ini, pusat kegiatan digelar di Pelataran Dermaga Tuapeijat, 28 Juni-1 Juli 2019. Berbagai kegiatan seni dan budaya Mentawai seperti pameran produk-produk seni khas Mentawai, perlombaan panahan tradisional, serta persembahan tarian tradisional khas Mentawai akan memeriahkan perhelatan ini. 

Perhelatan akbar ini sendiri, menurut Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Materus Samalinggai dihelat sebagai media untuk mempromosikan Kepulauan Mentawai sebagai destinasi wisata bahari terbaik dunia, serta tidak ketinggalan potensi dan kekayaan alam serta budaya masyarakat Bumi Sikerei kepada wisatawan. 

Sedangkan bagi masyarakat sendiri, penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai diharapkan bisa mendongkrak  jiwa wirausaha - serta semangat dalam menyambut dan melayani tamu darii luar negeri maupun luar Mentawai lokal. 

" Dimaksudkan agar bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas, serta sebagai pemberdayaan masyarakat untuk terlibat langsung dalam festival ini,” Kata Materus Samalinggai baru-baru ini. 

Tidak hanya itu Festival Pesona Mentawai ini juga bertujuan untuk menjaga orisinalitas entitas kebudayaan maupun alam  secara berkelanjutan, serta mengantisipasi pergeseran peradaban sosial di era masa kini.  

"Entitas kebudayaan memiliki akar kuat untuk menjadi landasan kehidupan masyarakat Mentawai di masa depan," tukas Materus lagi.  bbs