Gugatan Prabowo-Sandi Ditolak MK, Jokowi-Ma'aruf Resmi Pemenang Pilpres 2019

Kamis, 27 Jun 2019 | 22.30 WIB

Gugatan Prabowo-Sandi Ditolak MK, Jokowi-Ma'aruf Resmi Pemenang Pilpres 2019

Joko Widodo - Ma'aruf Amin (ist)



Centroone.com - Sengketa hasil pemilihan presiden (pilpres) menemui titik akhir.  Dalam keputusannya, Kamis, (27/06/2019) - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan yang diajukan Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Paslon  nomor urut 2 dalam pilpres 2019). 

Rangkaian sidang sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) sendiri berlangsung sejak 14 Juni lalu. Total -  MK menggelar lima kali sidang sengketa PHPU Presiden 2019 mulai tanggal 14-21 Juni 2019, dengan agenda pembacaan permohonan Pemohon (Paslon 02 Prabowo-Sandi), jawaban Termohon (KPU), keterangan Pihak Terkait (Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf), keterangan Bawaslu, dan pembuktian. 

Dalam sidang keputusan,  MK menolak hampir semua dalil yang diajukan oleh pemohon.  Menurut MK dugaan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif (TSM) pada proses pelaksanaan Pemilu 2019 yang didalilkan pemohon tidak terbukti.  

Dalam sidang MK juga mengungkapkan tidak  menemukan adanya bukti terkait ketidaknetralan aparatur negara, dalam hal ini Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), dan TNI.  MK juga tidak menemukan adanya indikasi antara ajakan pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin berbaju putih ke TPS dengan perolehan suara.

Putusan MK ini secara tidak langsung turut menetapkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pasangan calon presiden nomor urut 01, sah secara konstitusi sebagai pemenang Pilpres 2019.  bbs