Kebanyakan Warganet Pakai 1 Password Untuk Banyak Platform

Rabu, 26 Jun 2019 | 18.00 WIB

Kebanyakan Warganet  Pakai 1 Password Untuk Banyak Platform

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Dalam aktivitas pengguna online di Asia Pasifik, kebanyakan pengguna memilih menggunakan smartphone karena alasan kenyamanan dan portabilitasnya, sehingga tidak mengherankan jika sebesar 67% responden mengakses internet melalui perangkat seluler mereka.

Selain itu, 68% responden dari Survei Konsumen ESET APAC menghabiskan lebih dari tiga jam sehari di internet, dengan sekitar 10% menghabiskan 10 jam sehari. Mayoritas responden di semua negara atau 64% ke atas, kecuali Thailand (45%) mengaku menghabiskan hingga enam jam sehari di internet.  

Dengan peningkatan akses ke internet, menjadi lebih mudah bagi pengguna untuk menikmati berbagai platform di internet. Sebagian besar platform online memerlukan kata sandi untuk membuat akun dan seringkali satu-satunya bentuk keamanan yang digunakan untuk melindungi informasi pribadi apa pun pada platform. Melihat keunikan kata sandi di seluruh platform, kurang dari setengah (48%) responden APAC menggunakan kata sandi yang serupa di seluruh platform. 

" Belum lagi masalah yang sama yang selalu terjadi berulang-ulang dari tahun ke tahun, yaitu praktik penggunaan kata sandi yang sama pada setiap akun media sosial atau finansial. Oleh karena itu, diperlukannya kesadaran untuk meningkatkan praktik keamanan dan privasi terbaik untuk memastikan bahwa semua orang aman secara online,” ungkap Yudhi Kukuh IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia.

Terutama, 70% responden dari Hong Kong menyebutkan bahwa mereka menggunakan kata sandi yang serupa di seluruh platform.

Idealnya, tidak boleh ada pengguna yang menggunakan kata sandi yang sama di seluruh platform, itu sama saja dengan memberikan kemudahan bagi peretas karena  dengan sekali dayung semua mereka bisa dapatkan, hanya cukup menebak satu kata sandi atau mendapatkan akses melalui salah satu kredensial login dari layanan internet populer, untuk mengakses sisanya. by