Awas Bahaya Siber! , Ini 3 Tips Aman Beraktivitas Online

Rabu, 26 Jun 2019 | 20.00 WIB

Awas Bahaya Siber! , Ini 3 Tips Aman Beraktivitas Online

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Dalam aktivitas pengguna online di Asia Pasifik, kebanyakan pengguna memilih menggunakan smartphone karena alasan kenyamanan dan portabilitasnya, sehingga tidak mengherankan jika sebesar 67% responden mengakses internet melalui perangkat seluler mereka.

Media sosial telah populer menjadi wadah eksistensi untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Namun, pengguna media sosial seringkali melangkah terlalu jauh dan cenderung berbagi terlalu banyak hal tentang privasinya. Detail seperti lokasi mereka, tempat liburan atau data pribadi lainnya dibagikan, membuat mereka rentan terhadap penjahat siber atau lebih buruk.

Untuk meningkatkan keamanan saat sedang beraktivitas di dunia maya, berikut beberapa tips jitu dari ESET untuk pengguna internet:

1. Hindari penggunaan kata sandi yang sama atau serupa di seluruh platform. Ini menempatkan semua akun Anda dalam risiko, seandainya kata sandi dapat ditebak.

2. Hindari penyimpanan kata sandi di peramban karena peramban tidak memberikan perlindungan jika seseorang menguasai perangkat fisik tersebut. Pengelola kata sandi atau password manager sangat direkomendasikan sebagai cara untuk mengelola kata sandi yang berbeda.

3. Berhati-hatilah saat menggunakan WiFi publik untuk mengakses internet. Selalu mengambil beberapa tindakan pencegahan saat login, sebagai langkah preventif apabila penjahat siber membuat jaringan palsu untuk memikat orang yang tidak menaruh curiga. Ada beberapa cara untuk memastikan keamanan, seperti misalnya memeriksa apakah situs web menggunakan https, menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) atau tidak mengakses informasi sensitif saat terhubung ke publik Wifi.  by