KBRS Minta Pemkot Segera likuidasi YKP Surabaya

Selasa, 25 Jun 2019 | 19.31 WIB

KBRS Minta Pemkot Segera likuidasi YKP Surabaya

Aksi KBRS menuntut likuidasi YKP Surabaya (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Ratusan orang yang tergabung dalam Keluarga Besar Rakyat Surabaya (KBRS) melakukan aksi unjuk rasa di pintu masuk Balai Kota Surabaya, Selasa (25/6/2019).

Mereka mendesak agar Pemkot Surabaya atau DPRD Kota Surabaya membekukan atau membentuk tim likuidasi atas Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Surabaya yang sekarang sudah bermutasi menjadi PT Yekape Surabaya.

Disampaikan Tri Harjono, Koordinator Tim Pencari Fakta yang juga terlibat dalam aksi itu menegaskan, kalau pihaknya mendukung langkah upaya pengembalian aset yang dilakukan Pemkot Surabaya dan Kejati Jatim. "Kita ini orang-orang yang pernah terlibat 8 tahun lalu dalam perkara YKP. Kita pernah laporkan persoalan ini ke Polda Jatim," tegas Trijono.

Trijono berani memastikan kalau yang dilakukan Mentik Cs dalam pengambilalihan YKP KMS menjadi YKP Surabaya merupakan tindak pidana. "Rapat yang dilakukan pada Agustus Tahun 2002 itu untuk mengambil alih YKP KMS bukan oleh pengurus. Mereka yang melakukan rapat itu bukan pengurus," tegas Trijono.

KBRS dan sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam aksi itu, meminta agar Mentik Cs menyerahkan YKP Surabaya secara sukarela. "Atau kami akan bertindak" tegas Trijono lagi.

Saat melakukan aksi, para peserta aksi menggelar spanduk dan beberapa poster yang menuntut likuidasi YKP Surabaya. Sedangkan para orator secara bergantian melakukan orasi di atas truk yang dilengkapi perangkat pengeras suara. Mereka juga menyajikan musik patrol untuk menyemarakkan suasana. (windhi/by)