Suguhi Delegasi Perancis Dengan Taman Dan CC 112

Selasa, 18 Jun 2019 | 13.31 WIB

Suguhi Delegasi Perancis Dengan Taman Dan CC 112

Delegasi Perancis dan UCLG Aspac menikmati becak yang disediakan Pemkot Surabaya. (WIndhi/Centroone)


Centroone.com - Delegasi Cities Unies France (CUF) atau Delegasi Asosiasi Pemerintah Kota di Prancis dan Sekjen United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasifik (Aspac) dijamu wali kota Surabaya saat bertandang ke Kota Pahlawan ini. Mereka diajak keliling kota, mulai mengunjungi taman hingga menyaksikan langsung terobosan yang dibangun kota ini.

Rombongan dari Prancis dan UCLG ini mengunjungi beberapa tempat di Surabaya. Kunjungan itu dimulai dengan mengunjungi Taman Harmoni Keputih yang merupakan taman bekas tempat pembungan akhir (TPA) sampah. Setelah itu, rombongan ini diajak untuk melihat Command Center 112 (CC 112) di Gedung Siola.

Saat itu, Wali Kota Risma menjelaskan monitor CCTV yang dapat memantau beberapa objek vital di Kota Surabaya, termasuk diantaranya pompa air, pantauan lalu lintas, pintu masuk universitas dan kediaman beberapa Konjen yang ada di Surabaya serta fasilitas dan pelayanan lainnya. Bahkan, saat itu Wali Kota Risma menjelaskan cara penanganan bencana atau kondisi darurat di Kota Surabaya. “Saya sampai ditanya oleh mereka, kamu menciptakan ini (CC 112) dapat ide dari mana? Saya jawab ya dari masalah,” kata Wali Kota Risma sambil ketawa.

Menurut Wali Kota Risma, dulu penanganan kondisi darurat di Surabaya memang tidak efisien, karena apabila ada pohon tumbang atau kecelakaan, maka Linmas atau Satpol harus panggil Dinkes atau PMI. Kalau butuh alat lain, maka harus panggil Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, sehingga waktunya kurang efektif dan efisien. “Nah, setelah adanya Command Center 112 ini, maka sistemnya bisa efektif dan efisien, karena tinggal bilang, eh aku butuh ini, sehingga langsung cepat ditangani dan langsung datang semuanya,” tegasnya.

Setelah puas melihat program yang luar biasa dari Surabaya, kemudian rombongan dari CUF dan UCLG ASPAC ini beranjak ke Koridor dan lagi-lagi rombongan ini dibuat takjub. Karena di tempat ini anak muda Surabaya berkumpul, belajar dan menciptakan startup. Bahkan, rombongan ini juga sempat berkomunikasi dengan salah satu startup yang berkantor di Koridor. Selanjutnya, mereka diajak makan bersama di Taman Gantung sembari menikmati alunan musik yang dibawakan oleh para pelajar Surabaya.

Selanjutnya, di ruang kerja wali kota, rombongan itu kembali dibuat takjub setelah melihat ruang kerja Wali Kota Risma yang di sisi timurnya dipenuhi layar kaca monitor CCTV. Selain itu, dinding-dinding yang lain juga dipenuhi berbagai penghargaan, baik level nasional maupun internasional.

Malam harinya, rombongan ini akan dijamu oleh Wali Kota Risma di kediaman Wali Kota Surabaya Jl Sedap Malam. Uniknya, mulai dari hotel mereka menginap, diarak oleh becak hias menuju rumah dinas wali kota. (windhi/by)