CUF, UCLG Dan Pemkot Surabaya Bantu Korban Palu

Selasa, 18 Jun 2019 | 13.00 WIB

CUF, UCLG Dan Pemkot Surabaya Bantu Korban Palu

Wali Kota Risma mengajak delegasi Perancis dan UCLG Aspac meninjau Command Center 112. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Delegasi Cities Unies France (CUF) atau Delegasi Asosiasi Pemerintah Kota di Prancis dan Sekjen United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasifik (Aspac) bertandang ke Kota Surabaya. Dalam kunjungan itu, CUF, UCLG ASPAC serta Pemkot Surabaya bersinergi untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu.

Seusai pertemuan itu, Wali Kota Risma menjelaskan bahwa delegasi rombongan Delegasi Asosiasi Pemerintah Kota di Prancis dan UCLG ASPAC serta Pemkot Surabaya bersinergi untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu. Kebetulan, Pemkot Surabaya memang sudah  menggelontorkan berbagai bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu. “Jadi, saya akan ke Palu meresmikan Sentra UKM dan Pasar. Untuk pasar memang belum selesai, tinggal 20 persen,” kata Wali Kota Risma.

Perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga memastikan bahwa Pemkot Surabaya juga akan membantu membangunkan 11 unit rumah tipe 36. Namun, sampai sekarang belum ada kejelasan lokasi yang akan dibangunkan itu. “Pemerintah di sana (Palu) belum menentukan lokasinya, jadi belum kita bangun,” tegasnya.

Sedangkan delegasi yang dari Prancis, Presiden UCLG ASPAC ini juga menjelaskan bahwa mereka akan membantu korban gempa dan tsunami Palu. Namun sebelum itu, mereka akan bertemu dulu dengan masyarakat di sana supaya bantuannya tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat, jika hal ini berhasil, maka berarti bisa minta bantuan juga ke daerah lainnya. “Kalau yang delegasi ini, saya ketika bertemu di Madrid ngomong kepada mereka dan ternyata siap membantu Palu. Tapi detailnya seperti apa, kita akan bicarakan dulu dengan Wali Kota Palu,” ujarnya.

Sementara itu, Vice President of the Province Loire Atlantique France, Ms. Fanny Salle menjelaskan kedatangannya ke Surabaya untuk bertemu Wali Kota Risma karena dia merupakan orang yang sangat penting, terlebih dia adalah Presiden UCLG ASPAC. Bahkan, dia mengaku bersama-sama dengan UCLG ASPAC dan Pemkot Surabaya akan membantu korban gempa dan tsunami Palu. “Kita juga mendiskusikan tentang bagaimana membantu keberlanjutan atau sustainability Palu setelah bencana beberapa waktu lalu,” kata Fanny.

Oleh karena itu, pada 19 Juni 2019, dia dan Wali Kota Risma serta jajaran UCLG ASPAC akan meninjau lokasi yang terkena bencana. Hal itu penting untuk memberikan bantuan supaya tepat sasaran. “Bu Risma juga akan meresmikan Sentra UKM dan Pasar di sana yang merupakan bantuan dari masyarakat Surabaya,” kata dia. (windhi/by)