Aplikasi Langgar Dituding Intip Pengguna, La Liga Kena Denda

Minggu, 16 Jun 2019 | 16.00 WIB

Aplikasi Langgar Dituding Intip Pengguna, La Liga Kena Denda

aplikasi La Liga (LaLiga)


Centroone.com - Liga sepak bola Spanyol La Liga didenda oleh Badan Perlindungan Data Spanyol. Hukuman denda diberikan setelah La Liga dituding menggunakan aplikasi La Liga untuk melacak streaming ilegal. 

Badan Perlindungan Data Spanyol didenda 250 ribu euro karena melanggar beberapa undang-undang Uni Eropa tentang transparansi dan privasi data, dan memerintahkan aplikasi itu ditutup pada 30 Juni. 

Aplikasi La Liga yang digunakan oleh lebih dari empat juta orang di Spanyol untuk melihat hasil laga - ditemukan memanfaatkan data lokasi dan mikrofon pengguna untuk menemukan bar yang menyiarkan game secara ilegal.  La Liga akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

La Liga - dilaporkan El Pais - kecewa dengan keputusan tersebut serta menyebut regulator tidak memahami dengan baik teknologi yang mereka gunakan. La Liga   berpendapat bahwa pengguna diminta dua kali oleh aplikasi untuk persetujuan mereka untuk mengakses mikrofon ponsel mereka, dan tidak menyimpan audio yang sebenarnya dari penggunanya. 

Sebaliknya, La Liga mengklaim bahwa teknologi di balik aplikasi hanya menangkap "sidik jari audio", yang mana suara manusia tidak akan dapat diuraikan. Namun, regulator tidak yakin bahwa pengguna aplikasi tahu untuk apa mereka mendaftar.  La Liga sendiri berencana untuk menghapus fitur mikrofon dari aplikasinya pada akhir bulan ini. by