Batam Bakal Jadi Rumah Baru Pabrik Mac dan iPad?

Rabu, 12 Jun 2019 | 13.00 WIB

Batam Bakal Jadi Rumah Baru Pabrik Mac dan iPad?

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Selama ini, Foxconn dikenal luas sebagai perusahaan utama yang merakit perangkat Apple. Foxconn sendiri sebenarnya bukan satu-satunya pabri perakit perangkat Apple. Raksasa teknologi itu juga menggunakan jasa perusahaan bernama Pegatron untuk merangkit sejumlah perangkat Apple. 

Baru-baru ini, Pegatron dilaporkan keluar dari China dan produk Apple seperti Macbook dan iPad tidak akan lagi dirakit di negara tersebut.  Dilaporkan Digitimes - Pegatron telah memilih PT Sat Nusapersada, sebuah pabrik perakitan di Batam, Indonesia. 

CEO PT Sat Nusapersada - Abidin Hasibuan, ketika ditanya tentang hal ini, dia tidak membantahnya.  Namun produk yang dirakit di pabrik ini akan dikirim kembali ke Amerika Serikat.

Menurut laporan lain, ini bukan pertama kalinya Pegatron bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada. Apple juga dilaporkan telah menginvestasikan sekitar $ 300 juta untuk  membuat dua pabrik di Indonesia. Sebelumnya, Apple ingin memilih Vietnam - namun SDM di Indonesia dirasa lebih baik. 

Hal ini cukup menarik.  Selama sejumlah varian iPhone memang ada yang dirakit di India, namun itu adalah iPhone yang diedarkan khusus di India. Sementara untuk global, yang bertuliskan  " Design in California, Assemble in China'  pada kotaknya, memang dirakit di China.  Jika Pegatron memang benar membuka pabrik perakitan iPhone di Batam, bisa jadi tulisan di kotak iPhone akan berubah " " Design in California, Assemble in Indonesia.' by