EnGenius Cloud Jawab Kebutuhan Teknologi Cloud UKM

Kamis, 30 Mei 2019 | 22.54 WIB

EnGenius Cloud Jawab Kebutuhan Teknologi Cloud UKM

EnGenius Cloud (EnGenius)


Centroone.com - Saat ini, banyak perusahaan di dunia yang melakukan transformasi digital dengan mengadopsi jaringan yang mendukung teknologi cloud. Model jaringan seperti ini telah diterima secara luas oleh karena kemudahan pengaturan dan skalabilitasnya yang tinggi pada beban kerja yang lebih tinggi. 

Menjawab kebutuhan tersebut - EnGenius Networks Singapore mengumumkan kehadiran solusi EnGenius Cloud. EnGenius menggunakan teknologi komputasi cloud tercanggih yang ditanamkan dalam solusi pengelolaan jaringan nirkabel berbasis cloud pertamanya. 

Layanan ini ditujukan bagi perusahaan skala kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki  sekitar 60 juta usaha kecil dan menengah (SME), atau 99 persen dari total unit bisnis di Tanah Air.

Dengan kehadiran teknologi baru di dalam portofolio EnGenius di bidang solusi jaringan yang terus bertumbuh itu, para administrator TI dari perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di Indonesia bisa merencanakan dan menjalankan ribuan jaringan canggih hanya dalam hitungan menit.

"EnGenius Cloud telah membuat perusahaan kami berada di posisi terdepan dalam persaingan dan melengkapi solusi pengelolaan jaringan kami. Kerja keras tim kami dan dedikasi mereka selama bertahun-tahun telah mampu mengembangkan sebuah solusi pengelolaan jaringan yang bebas langganan dengan insight yang praktis yang dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan yang kompleks dari perusahaan kecil dan menengah di Indonesia, yang ingin memetik keuntungan dari kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi terbaru kami. " ujar  kata Lawrence Lim, Regional GM, APAC & Middle East, EnGenius Networks (S) Pte Ltd. 

Layanan cloud dari EnGenius diciptakan agar pengadopsian digital semakin mudah dan terjangkau. Solusi ini dibangun di atas solusi cloud sejati – pondasinya adalah teknologi komputasi cloud paling canggih yang sudah terkenal di industri, yang beroperasi tanpa server (serverless) dengan desain Function-as-a-Service (FaaS), yang bekerja dalam hitungan mikrodetik dan menawarkan skalabilitas yang tinggi. 

Menariknya, solusi ini juga sudah siap mendukung AI sehingga infrastruktur komputasi cloud yang kuat dan dinamis ini tak terbatas pada perangkat yang dikelola per lokasi. Bahkan kinerjanya dapat diandalkan, meskipun sudah mencapai jumlah perangkat maksimum. Sehingga solusi ini mampu mengontrol dan memonitor sampai 100.000 perangkat access point dan switch secara bersamaan, hanya dengan satu akun saja.

Dengan menggunakan FaaS yang tak membutuhkan server, kebutuhan jaringan bisa disesuaikan berdasarkan permintaan. Jadi, bilamana ada permintaan fungsi baru atau beban tambahan, sumber daya yang tersedia akan dialokasikan berdasarkan karakteristik fungsi yang diinginkan. Selain itu, desain yang serverless ini tak hanya mampu memaksimalkan sumber daya, tapi juga dapat meningkatkan kinerja dari tiap fungsi yang ada di dalam jaringan. by